dc.contributor.author | Isnandia, Dyasri Citra | |
dc.date.accessioned | 2022-10-25T07:15:16Z | |
dc.date.available | 2022-10-25T07:15:16Z | |
dc.date.issued | 2014-05-22 | |
dc.identifier.uri | http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/5423 | |
dc.description | A person who would prefer using credit card is influenced by several
factors, one of them is impulsive factor that rises when we are about to make a
purchase. Impulsive buying is usually related as an unplanned buying behavior.
When someone makes a purchase impulsively, they will obviously get some
negative effects, such as uncontrolled financial. College students chosen as the
subject of the study because college student in life span developmental theory
explained if college students are generally susceptible to get burnout. The coping
of burnout usually involves things that are fun, which could be an indication that
causes impulsive buying behavior. From this statement, the researchers wanted to
see the difference between the impulsive buying behavior of credit card users and
non credit card users at college students.
The method in this study using comparative & quantitative methods. The
methods of data collection in this study using an Impulsive Buying Behavior
personality scale by Verplanken & Herabadi (2001) which has been modified by
the researcher. The population in this study were undergraduate students 1 (S1)
of the University of X Surabaya, while the sample is 103 students at this
University, consisting of 33 students who use the credit cards and 70 students who
do not use the credit cards. The results show the null hypothesis ( H0 ) is
accepted, which means there is no difference of the impulsive buying behavior
between credit card users and non – credit card users. Impulsive buying behavior
of college students in the University of X tend to be the same. Suggestions for the
next researchers could try to do research using other subject variables, such as
between online business customers and offline business customers. The design of
this study is supported by previous researchers, Samuel (2006), with the results of
studies showing there is a difference of the stimulus influence between online
media and offline media toward impulsive buying behavior tendency. | en_US |
dc.description.abstract | Seseorang yang lebih memilih menggunakan kartu kredit salah satunya
dipengaruhi oleh faktor sifat impulsif yang timbul saat hendak melakukan
pembelian. Pembelian impulsif seringkali dihubungkan sebagai perilaku belanja
yang tidak memiliki perencanaan. Saat seseorang melakukan pembelian secara
impulsif, tentu akan menimbulkan beberapa dampak negatif, seperti keuangan
menjadi tidak terkontrol. Mahasiswa dipilih sebagai subjek penelitian karena
mahasiswa pada umumnya mudah mengalami burnout. Saat burnout seseorang
akan melakukan coping yang biasanya melibatkan hal-hal bersifat menyenangkan,
di mana bisa menjadi indikasi timbulnya perilaku pembelian impulsif. Dari hal
tersebut peneliti ingin melihat perbedaan perilaku pembelian impulsif antara
pengguna kartu kredit dengan non-pengguna kartu kredit pada mahasiswa strata 1.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif komparatif.
Alat ukur yang digunakan adalah Skala Perilaku Pembelian Impulsif milik
Verplanken & Herabadi (2001) yang telah dimodifikasi oleh peneliti. Populasi
dalam penelitian ini adalah mahasiswa strata 1 (S1) Universitas X Surabaya,
sedangkan sampelnya adalah 103 mahasiswa Universitas X Surabaya, terdiri dari
33 mahasiswa/i yang menggunakan kartu kredit dan 70 mahasiswa/i yang tidak
menggunakan kartu kredit. Hasil penelitian menunjukkan hipotesis nol (H0)
diterima, artinya tidak ada perbedaan perilaku pembelian impulsif antara
pengguna kartu kredit dengan non-pengguna kartu kredit. Perilaku pembelian
impulsif mahasiswa Universitas X cenderung sama. Saran untuk peneliti
selanjutnya bisa mencoba melakukan penelitian menggunakan variabel subjek
lain, seperti antara konsumen bisnis online dengan bisnis offline. Rancangan
penelitian ini didukung oleh sebuah jurnal penelitian yang dilakukan Semuel
(2006) yang menunjukkan terdapat perbedaan pengaruh stimulus antara media
online dengan media offline terhadap kecenderungan perilaku pembelian impulsif. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Ciputra Surabaya | en_US |
dc.subject | perilaku pembelian impulsif | en_US |
dc.subject | pengguna kartu kredit | en_US |
dc.subject | mahasiswa | en_US |
dc.subject | surabaya | en_US |
dc.subject | impulsive buying behavior | en_US |
dc.subject | credit card users | en_US |
dc.subject | college students | en_US |
dc.title | P ERBEDAAN PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF ANTARA PENGGUNA KARTU KREDIT DENGAN NON - PENGGUNA KARTU KREDIT PADA MAHASISWA S TRATA 1 (S1) UNIVERSITAS X SURABAYA | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.kodeprodi | 73201 | |
dc.identifier.nim | 30110043 | |
dc.identifier.dosenpembimbing | Livia Yuliawati | |