Studi Deskriptif Evaluasi Kompetensi Kurikulum Berbasis Entrepreneurship di Fakultas Psikologi Universitas X
Abstract
Di Indonesia banyak sekali sarjana yang pengangguran karena tidak
memiliki pekerjaan. Fakultas Psikologi universitas X merupakan fakultas yang
mengintegrasikan antara psikologi dan entrepreneurship. Fakultas Psikologi
tersebut memiliki kompetensi kurikulum yaitu kompetensi utama, kompetensi
pendukung lulusan, dan kompetensi pilihan. Ketiga kompetensi tersebut
diharapkan para mahasiswa menguasai ketiga kompetensi kurikulum yang telah di
buat oleh Fakultas Psikologi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan evaluasi
kurikulum yang sedang berjalan dan memberi kontribusi pada peninjauan
kurikulum psikologi Universitas X.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Data
kualitatif sebagai data pendukung. Populasi dalam penelitian ini adalah
mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas X. Sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah 83 mahasiswa dari 155 mahasiswa aktif. Teknik pengambilan
sampel menggunakan Stratified Random Sampling. Analisa data pada penelitian
ini menggunakan analisa deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap angkatan memahami seluruh
kompetensi yang diberikan oleh fakultas dengan kategori sedang. Hasil tambahan
data kualitatif menunjukkan bahwa mahasiswa merasa pembelajaran
entrepreneurship dan teori psikologi tidak seimbang.
Saran bagi para mahasiswa untuk lebih proaktif dalam mencari tahu
kompetensi kurikulum yang ada di Fakultas Psikologi Universitas X. saran bagi
pihak Fakultas untuk lebih bersosialisasi dengan mahasiswa mengenai kompetensi
kurikulumnya.