| dc.contributor.author | Soewarsono, Edwin Louis | |
| dc.date.accessioned | 2022-10-25T08:03:56Z | |
| dc.date.available | 2022-10-25T08:03:56Z | |
| dc.date.issued | 2014-06-03 | |
| dc.identifier.uri | http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/5424 | |
| dc.description | In Indonesia, a lot of scholars are unemployed because they do not have a job. Faculty of
Psychology, University X is a faculty that integrates psychology and entrepreneurship.
Faculty of Psychology has a curriculum that is competency core competencies,
supporting graduate competencies, and competencies choice. All three of these
competencies expected of students to master the three competency curriculum that's
been made by the Faculty of Psychology.
This study aims to determine the development of curriculum evaluation and contribute to
the review of the psychology curriculum University X.
The method used is a quantitative method. Qualitative data is as supporting data. The
population is students of the Faculty of Psychology, University X. The sample used is 83
students of the 155 active students. The sampling technique using stratified random
sampling. Analysis data in this study using descriptive analysis.
The results showed that each generation understands all competencies provided by the
faculty with the medium category. Additional results of the qualitative data showed that
students were learning entrepreneurship and unbalanced psychological theory.
Advice for students to be more proactive in seeking out the competence of the existing
curriculum at the Faculty of Psychology, University of X. suggestions for the faculty to
better socialize with students about the competence of the curriculum. | en_US |
| dc.description.abstract | Di Indonesia banyak sekali sarjana yang pengangguran karena tidak
memiliki pekerjaan. Fakultas Psikologi universitas X merupakan fakultas yang
mengintegrasikan antara psikologi dan entrepreneurship. Fakultas Psikologi
tersebut memiliki kompetensi kurikulum yaitu kompetensi utama, kompetensi
pendukung lulusan, dan kompetensi pilihan. Ketiga kompetensi tersebut
diharapkan para mahasiswa menguasai ketiga kompetensi kurikulum yang telah di
buat oleh Fakultas Psikologi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan evaluasi
kurikulum yang sedang berjalan dan memberi kontribusi pada peninjauan
kurikulum psikologi Universitas X.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Data
kualitatif sebagai data pendukung. Populasi dalam penelitian ini adalah
mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas X. Sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah 83 mahasiswa dari 155 mahasiswa aktif. Teknik pengambilan
sampel menggunakan Stratified Random Sampling. Analisa data pada penelitian
ini menggunakan analisa deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap angkatan memahami seluruh
kompetensi yang diberikan oleh fakultas dengan kategori sedang. Hasil tambahan
data kualitatif menunjukkan bahwa mahasiswa merasa pembelajaran
entrepreneurship dan teori psikologi tidak seimbang.
Saran bagi para mahasiswa untuk lebih proaktif dalam mencari tahu
kompetensi kurikulum yang ada di Fakultas Psikologi Universitas X. saran bagi
pihak Fakultas untuk lebih bersosialisasi dengan mahasiswa mengenai kompetensi
kurikulumnya. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Universitas Ciputra Surabaya | en_US |
| dc.subject | Evaluasi | en_US |
| dc.subject | kompetensi kurikulum | en_US |
| dc.subject | psikologi | en_US |
| dc.subject | entrepreneurship | en_US |
| dc.subject | evaluation | en_US |
| dc.subject | competency curriculum | en_US |
| dc.subject | psychology | en_US |
| dc.title | Studi Deskriptif Evaluasi Kompetensi Kurikulum Berbasis Entrepreneurship di Fakultas Psikologi Universitas X | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| dc.identifier.kodeprodi | 73201 | |
| dc.identifier.nim | 30110025 | |
| dc.identifier.dosenpembimbing | Cicilia Larasati R | |