• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Psikologi
    • Psikologi
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Psikologi
    • Psikologi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DAN STRES PADA GURU

    Thumbnail
    View/Open
    COVER (23.29Kb)
    PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI (85.08Kb)
    PERSETUJUAN DOSEN PEMBIMBING (131.9Kb)
    PERSETUJUAN TIM PENGUJI SKRIPSI (83.57Kb)
    UCAPAN TERIMA KASIH (86.58Kb)
    HALAMAN MOTTO (125.3Kb)
    DAFTAR ISI (104.3Kb)
    KATA PENGANTAR (131.6Kb)
    ABSTRAK (89.07Kb)
    BAB 1 (170.9Kb)
    BAB 2 (195.1Kb)
    BAB 3 (199.4Kb)
    BAB 4 (323.9Kb)
    BAB 5 (153.9Kb)
    BAB 6 (175.1Kb)
    LAMPIRAN (628.8Kb)
    DAFTAR PUSTAKA (284.7Kb)
    Date
    2014-05-09
    Author
    Winata, Maria Rayna Kartika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fenomena stres dalam pekerjaan sehari-hari memang tidak terhindarkan, khususnya bagi para guru sebagai profesi yang rentan terhadap stres. Peneliti menduga bahwa hal ini disebabkan oleh kurangnya dukungan sosial pada profesi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dan stres pada guru. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan terkait tindakan prevensi dan kurasi stres pada guru, khususnya dengan meningkatkan dukungan sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan desain korelasional. Penelitian ini menggunakan dua alat ukur, yaitu kuesioner Comprehensive Health Check for Workers (CHCW) untuk mengukur stres dan modifikasi Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) untuk mengukur dukungan sosial. Populasi penelitian adalah para guru Sekolah A dan Sekolah B di Surabaya. Sampel yang mewakili kelompok guru adalah sejumlah 110 orang dari kedua sekolah tersebut. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan incidental sampling. Hubungan antara dukungan sosial dan stres pada guru dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson product-moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara dukungan sosial dan stres pada guru (r = -0,51; p < 0,001). Artinya, semakin tinggi dukungan sosial guru, semakin rendah stres guru. Dalam penelitian ini ditemukan pula faktor lain yang mempengaruhi stres, antara lain frekuensi kegiatan kerohanian. Hasil penelitian dan analisis menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Penelitian ini juga memberikan implikasi teoritis dan praktis serta saran berbasis psychopreneurship, yaitu Bravo Teachers Community yang menyediakan aktivitas workshop dan kegiatan kerohanian untuk para guru.
    URI
    http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/5435
    Collections
    • Psikologi

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire