| dc.contributor.author | Winata, Maria Rayna Kartika | |
| dc.date.accessioned | 2022-10-28T09:06:06Z | |
| dc.date.available | 2022-10-28T09:06:06Z | |
| dc.date.issued | 2014-05-09 | |
| dc.identifier.uri | http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/5435 | |
| dc.description | Stress phenomenon in daily work-life is unavoidable, especially for
teachers as the stressful profession. The researcher assumes that that is caused by
the lack of social support. The purposes of this research are to investigate the
correlation between social support and stress among teachers. This research also
provides suggesstions about preventive and curative actions about stress among
teachers, especially by promoting social support.
This research uses quantitative method, with correlational design. There
are two questionnaires used, which are Comprehensive Health Check for Workers
(CHCW) to measure stress and modified Multidimensional Scale of Perceived
Social Support (MSPSS) to measure social support.
The populations are teachers in School A and School B in Surabaya. The
represented samples are 110 teachers. The sampling technique used is incidental
sampling.
Data about the correlation between social support and stress among
teachers is analyzed using Pearson product-moment correlation test. The result is
that there is a significant and negative correlation between social support and
stress among teachers (r = -0.51; p < 0,001). It means, the more social support
that teachers get, the less stressful they will be. Also, there are another factors
that affect stress, one of them is the frequency of devotion activity,
The result and analysis shows that the hypothesis is accepted. This
research also provides theoritical-practitcal implications and psychopreneurshipbased suggestions, which is Bravo Teachers Community that provides
inspirational activities for teachers, such as workshop and devotion. | en_US |
| dc.description.abstract | Fenomena stres dalam pekerjaan sehari-hari memang tidak terhindarkan,
khususnya bagi para guru sebagai profesi yang rentan terhadap stres. Peneliti
menduga bahwa hal ini disebabkan oleh kurangnya dukungan sosial pada profesi
tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara
dukungan sosial dan stres pada guru. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan
masukan terkait tindakan prevensi dan kurasi stres pada guru, khususnya dengan
meningkatkan dukungan sosial.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan
desain korelasional. Penelitian ini menggunakan dua alat ukur, yaitu kuesioner
Comprehensive Health Check for Workers (CHCW) untuk mengukur stres dan
modifikasi Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) untuk
mengukur dukungan sosial.
Populasi penelitian adalah para guru Sekolah A dan Sekolah B di
Surabaya. Sampel yang mewakili kelompok guru adalah sejumlah 110 orang dari
kedua sekolah tersebut. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan incidental
sampling.
Hubungan antara dukungan sosial dan stres pada guru dianalisis
menggunakan uji korelasi Pearson product-moment. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara dukungan sosial
dan stres pada guru (r = -0,51; p < 0,001). Artinya, semakin tinggi dukungan
sosial guru, semakin rendah stres guru. Dalam penelitian ini ditemukan pula
faktor lain yang mempengaruhi stres, antara lain frekuensi kegiatan kerohanian.
Hasil penelitian dan analisis menunjukkan bahwa hipotesis diterima.
Penelitian ini juga memberikan implikasi teoritis dan praktis serta saran berbasis
psychopreneurship, yaitu Bravo Teachers Community yang menyediakan aktivitas
workshop dan kegiatan kerohanian untuk para guru. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Universitas Ciputra Surabaya | en_US |
| dc.subject | Stres | en_US |
| dc.subject | Dukungan Sosial | en_US |
| dc.subject | Guru | en_US |
| dc.subject | Stress | en_US |
| dc.subject | Social Support | en_US |
| dc.subject | Teachers | en_US |
| dc.title | HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DAN STRES PADA GURU | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| dc.identifier.kodeprodi | 73201 | |
| dc.identifier.nim | 30110004 | |
| dc.identifier.dosenpembimbing | Jenny Lukito Setiawan | |