H UBUNGAN ANTARA DESTINATION IMAGE BALI TERHADAP INTENSI BERWISATA PADA MAHASISWA DI SURABAYA
Abstract
Melakukan perjalanan wisata biasanya didasari dengan keinginan dari
individu. Niat atau intensi didasari dari berbagai aspek yaitu,sikap, subjective norm,
dan perceived behavior control. Memunculkan rasa intensi berwisata, maka
diperlukan destination image untuk menunjang ketertarikan mahasiswa terhadap Bali
sebagai tempat destinasi. Destination image meliputi komponen-komponen
diantaranya atraksi destinasi, fasilitas destinasi, aksesbilitas, imej, dan harga.
Populasi yang digunakan adalah mahasiswa di Surabaya dengan sampelnya
adalah mahasiswa-mahasiswa dari 3 Universitas di Surabaya dengan total responden
236 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling kuota
dengan menggunakan alat ukur skala Likert. Data yang diperoleh kemudian diolah
dengan uji korelasi.
Hasil yang diperoleh, nilai r = 0,471 dan nilai p < 0,05. Hasil ini menunjukkan
bahwa penelitian ini terdapat hubungan antara destination image Bali terhadap intensi
berwisata.