• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Industri Kreatif
    • Bisnis Desain Fashion
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Industri Kreatif
    • Bisnis Desain Fashion
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERANCANGAN TAS ANAK MENGANGKAT CERITA RAKYAT TEKNIK NEEDLE LACE PADA BRAND ANATHALE

    Thumbnail
    View/Open
    Abstrak (363.7Kb)
    Bab 1 (446.0Kb)
    Bab 2 (1.973Mb)
    Bab 4 (2.043Mb)
    Bab 5 (203.6Kb)
    Daftar Isi (602.5Kb)
    Halaman Judul (305.2Kb)
    Kata Pengantar (331.6Kb)
    Lampiran (2.209Mb)
    Date
    2019
    Author
    Natahia Hidayat, Angela
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada zaman globalisasi ini, budaya cerita rakyat sudah mulai ditinggalkan oleh generasi milenial atau anak-anak. Cerita rakyat akan bemanfaat sebagai sumber inspirasi, unsur hiburan, pendidikan dan nilai moral. Peran orang tua, sangatlah penting terutama bagi tumbuh kembang anak. Tas merupakan salah satu industri yang paling berkembang. Seiring berjalannya tren mode dan kebutuhan, tas menjadi barang yang tidak dapat dipisahkan oleh wanita maupun pria.Tidak hanya pria dan wanita, bagi anak-anak, tas juga merupakan hal yang penting. Selain itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengingatkan kembali generasi anak-anak dan ibu muda tentang bentuk hewan yang ada di kisah cerita rakyat. Tokoh utama berbentuk binatang dalam cerita rakyat seperti binatang kancil dan buaya merupakan contoh dari karakter yang diambil sebagai topik desain. Penulis mengangkat bentuk tokoh binatang dalam cerita rakyat karena dianggap sebagai tema yang menarik bagi orang tua dan anak. Karena semakin terlupakannya cerita rakyat di Indonesia, sehingga penulis bertujuan membuat media baru yakni tas anak perempuan yang mengangkat tokoh bentuk binatang dalam cerita rakyat yang playful sehingga tidak terlihat kuno. Nilai moral kecerdikan dalam dongeng Si Kancil dan Buaya yang didapat dapat diterapkan anak dalam aktivitas sehari- hari. Lalu, penambahan teknik needle lace akan menunjukkan kesan handmade. Metode penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui kuesioner, wawancara dan observasi lapangan. Sedangkan data sekunder didapat dari buku, jurnal, artikel, internet. Target market dari brand Anathale adalah serta ibu muda yang berusia 22 - 40 tahun yang memiliki anak perempuan berusia 4-11 tahun yang dalam masa emerging autonomy maupun role stage, kalangan menengah dan biasanya memiliki media sosial untuk anaknya.
    URI
    http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/5566
    Collections
    • Bisnis Desain Fashion

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire