Show simple item record

dc.contributor.authorNatahia Hidayat, Angela
dc.date.accessioned2022-12-14T08:25:50Z
dc.date.available2022-12-14T08:25:50Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/5566
dc.descriptionPada zaman globalisasi ini, budaya cerita rakyat sudah mulai ditinggalkan oleh generasi milenial atau anak-anak. Cerita rakyat akan bemanfaat sebagai sumber inspirasi, unsur hiburan, pendidikan dan nilai moral. Peran orang tua, sangatlah penting terutama bagi tumbuh kembang anak. Tas merupakan salah satu industri yang paling berkembang. Seiring berjalannya tren mode dan kebutuhan, tas menjadi barang yang tidak dapat dipisahkan oleh wanita maupun pria.Tidak hanya pria dan wanita, bagi anak-anak, tas juga merupakan hal yang penting. Selain itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengingatkan kembali generasi anak-anak dan ibu muda tentang bentuk hewan yang ada di kisah cerita rakyat. Tokoh utama berbentuk binatang dalam cerita rakyat seperti binatang kancil dan buaya merupakan contoh dari karakter yang diambil sebagai topik desain. Penulis mengangkat bentuk tokoh binatang dalam cerita rakyat karena dianggap sebagai tema yang menarik bagi orang tua dan anak. Karena semakin terlupakannya cerita rakyat di Indonesia, sehingga penulis bertujuan membuat media baru yakni tas anak perempuan yang mengangkat tokoh bentuk binatang dalam cerita rakyat yang playful sehingga tidak terlihat kuno. Nilai moral kecerdikan dalam dongeng Si Kancil dan Buaya yang didapat dapat diterapkan anak dalam aktivitas sehari- hari. Lalu, penambahan teknik needle lace akan menunjukkan kesan handmade. Metode penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui kuesioner, wawancara dan observasi lapangan. Sedangkan data sekunder didapat dari buku, jurnal, artikel, internet. Target market dari brand Anathale adalah serta ibu muda yang berusia 22 - 40 tahun yang memiliki anak perempuan berusia 4-11 tahun yang dalam masa emerging autonomy maupun role stage, kalangan menengah dan biasanya memiliki media sosial untuk anaknya.en_US
dc.description.abstractPada zaman globalisasi ini, budaya cerita rakyat sudah mulai ditinggalkan oleh generasi milenial atau anak-anak. Cerita rakyat akan bemanfaat sebagai sumber inspirasi, unsur hiburan, pendidikan dan nilai moral. Peran orang tua, sangatlah penting terutama bagi tumbuh kembang anak. Tas merupakan salah satu industri yang paling berkembang. Seiring berjalannya tren mode dan kebutuhan, tas menjadi barang yang tidak dapat dipisahkan oleh wanita maupun pria.Tidak hanya pria dan wanita, bagi anak-anak, tas juga merupakan hal yang penting. Selain itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengingatkan kembali generasi anak-anak dan ibu muda tentang bentuk hewan yang ada di kisah cerita rakyat. Tokoh utama berbentuk binatang dalam cerita rakyat seperti binatang kancil dan buaya merupakan contoh dari karakter yang diambil sebagai topik desain. Penulis mengangkat bentuk tokoh binatang dalam cerita rakyat karena dianggap sebagai tema yang menarik bagi orang tua dan anak. Karena semakin terlupakannya cerita rakyat di Indonesia, sehingga penulis bertujuan membuat media baru yakni tas anak perempuan yang mengangkat tokoh bentuk binatang dalam cerita rakyat yang playful sehingga tidak terlihat kuno. Nilai moral kecerdikan dalam dongeng Si Kancil dan Buaya yang didapat dapat diterapkan anak dalam aktivitas sehari- hari. Lalu, penambahan teknik needle lace akan menunjukkan kesan handmade. Metode penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui kuesioner, wawancara dan observasi lapangan. Sedangkan data sekunder didapat dari buku, jurnal, artikel, internet. Target market dari brand Anathale adalah serta ibu muda yang berusia 22 - 40 tahun yang memiliki anak perempuan berusia 4-11 tahun yang dalam masa emerging autonomy maupun role stage, kalangan menengah dan biasanya memiliki media sosial untuk anaknya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Ciputra Surabayaen_US
dc.subjectTas Anaken_US
dc.subjectCerita Rakyaten_US
dc.subjectToko Binatangen_US
dc.subjectNeedle Laceen_US
dc.subjectBrand Anathaleen_US
dc.subjectChildren Bagsen_US
dc.subjectFolkloreen_US
dc.subjectAnimal Figureen_US
dc.subjectAnathale Branden_US
dc.titlePERANCANGAN TAS ANAK MENGANGKAT CERITA RAKYAT TEKNIK NEEDLE LACE PADA BRAND ANATHALEen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidn6004739
dc.identifier.kodeprodi90231
dc.identifier.nim20714034
dc.identifier.dosenpembimbingFreddy Handoko Istanto


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record