PERANCANGAN WOMENSWEAR DENGAN KONSEP VERSATILE AND PRACTICAL UNTUK AKTIVITAS BLEISURE PADA BRAND DC
Abstract
Munculnya berbagai macam isu kesetaraan hak antara pria dan wanita
dalam hal pendidikan maupun karier, memicu munculnya perubahan gaya hidup
wanita yang ditandai dengan meningkatnya jumlah wanita karier secara signifikan
yang menduduki posisi penting dalam kepemimpinan. Wanita saat ini memiliki
begitu banyak hal yang dilakukan setiap harinya, seperti rapat kerja; kegiatan
dengan anak-anak; berkumpul bersama teman-teman; pergi ke
longue bar
bersama
rekan kerja. Dengan jadwal yang sangat sibuk, membuat wanita karier tidak
memiliki waktu untuk berganti pakaian di antara kegiatan tersebut. Namun, saat ini
pakaian kantor dinilai kurang sesuai untuk dikenakan dalam berbagai acara di luar
kantor. Ditinjau dari hal tersebut, wanita karier membutuhkan pakaian kerja yang
serbaguna. Terinspirasi dari perubahan gaya hidup wanita karier,
Brand
DC
bertujuan untuk menjadi
brand
yang praktis dan inovatif, dengan menawarkan
potongan busana kerja
ready to wear
serbaguna dengan aplikasi
pleats, slit,
dan
self
-tied belt
yang memungkinkan masing-masing untuk dikenakan secara efisien
baik untuk kegiatan berbisnis maupun berlibur atau dengan cara dipadu padankan
satu sama lain. Untuk memvalidasi pernyataan di atas, dilakukan pengumpulan
data. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan metode penelitian
kualititatif dan kuantitatif. Metode kualitatif dilakukan melalui wawancara,
observasi, dan juga wawancara persepsi desain. Metode kuantitatif dilakukan
melalui kuisioner
online
yang disebarkan kepada 125 orang target market yang
potensial. Pengumpulan data sekunder diperoleh melalui studi literatur mengenai
busana, elemen dan prinsip desain, serta mengenai
fashion trend
yang bersumber
dari buku, jurnal, artikel, dan internet yang relevan. Adapun hasil akhir dari
perancangan adalah
womeswea
r
dengan konsep
versatile and practical
untuk
aktivitas
bleisure
yang ditargetkan bagi wanita karier berusia 22-40 tahun dari
kalangan ekonomi menengah ke atas.