| dc.contributor.author | Chrismalinda, Daffina | |
| dc.date.accessioned | 2022-12-15T05:21:46Z | |
| dc.date.available | 2022-12-15T05:21:46Z | |
| dc.date.issued | 2019 | |
| dc.identifier.uri | http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/5577 | |
| dc.description | The emergence of equality right issues between men and women both in
terms of education and career have triggered the changes of women’s
lifestyle,
shown by a significant increase of career woman that play an important role.
Women nowadays have so many duties and to do so many things every day, such as
work meetings; activities with the kids; to coffee with their friends; or to longue bar
w
ith their co
-
workers. In a very busy schedule, there is not enough time for career
women to change clothes in between their activities. However, for now office wear
is considered not suitable to be worn for various events outside the office. Career
women n
eed versatile office clothes. Inspired by the changing lifestyle of career
women, brand DC aims to be both practical and innovative, offering selection of
versatile pieces with the application of pleats, slit, and self
-
tied belt that enables
each of them t
o be worn and styled efficiently for any occasions or be mixed and
matched. For the primary data, this research is using both qualitative and
quantitative methods. The qualitative primary data were conducted through
interviews, direct and indirect observat
ions, and also interviews of design
perceptions. Quantitative methods were conducted through online questionnaires
distributed to 125 potential target market. While the secondary data were
conducted through literature studies about fashion, elements and de
sign principles,
fashion trends from relevant books, journals, articles, and also internet. The final
result is a womenswear with versatile and practical for bleisure activities, and
targeted for career women aged 22
-
40 years old that come from middle
-
uppe
r
class. | en_US |
| dc.description.abstract | Munculnya berbagai macam isu kesetaraan hak antara pria dan wanita
dalam hal pendidikan maupun karier, memicu munculnya perubahan gaya hidup
wanita yang ditandai dengan meningkatnya jumlah wanita karier secara signifikan
yang menduduki posisi penting dalam kepemimpinan. Wanita saat ini memiliki
begitu banyak hal yang dilakukan setiap harinya, seperti rapat kerja; kegiatan
dengan anak-anak; berkumpul bersama teman-teman; pergi ke
longue bar
bersama
rekan kerja. Dengan jadwal yang sangat sibuk, membuat wanita karier tidak
memiliki waktu untuk berganti pakaian di antara kegiatan tersebut. Namun, saat ini
pakaian kantor dinilai kurang sesuai untuk dikenakan dalam berbagai acara di luar
kantor. Ditinjau dari hal tersebut, wanita karier membutuhkan pakaian kerja yang
serbaguna. Terinspirasi dari perubahan gaya hidup wanita karier,
Brand
DC
bertujuan untuk menjadi
brand
yang praktis dan inovatif, dengan menawarkan
potongan busana kerja
ready to wear
serbaguna dengan aplikasi
pleats, slit,
dan
self
-tied belt
yang memungkinkan masing-masing untuk dikenakan secara efisien
baik untuk kegiatan berbisnis maupun berlibur atau dengan cara dipadu padankan
satu sama lain. Untuk memvalidasi pernyataan di atas, dilakukan pengumpulan
data. Pengumpulan data primer dilakukan dengan menggunakan metode penelitian
kualititatif dan kuantitatif. Metode kualitatif dilakukan melalui wawancara,
observasi, dan juga wawancara persepsi desain. Metode kuantitatif dilakukan
melalui kuisioner
online
yang disebarkan kepada 125 orang target market yang
potensial. Pengumpulan data sekunder diperoleh melalui studi literatur mengenai
busana, elemen dan prinsip desain, serta mengenai
fashion trend
yang bersumber
dari buku, jurnal, artikel, dan internet yang relevan. Adapun hasil akhir dari
perancangan adalah
womeswea
r
dengan konsep
versatile and practical
untuk
aktivitas
bleisure
yang ditargetkan bagi wanita karier berusia 22-40 tahun dari
kalangan ekonomi menengah ke atas. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Universitas Ciputra Surabaya | en_US |
| dc.subject | Gaya hidup | en_US |
| dc.subject | Wanita Karier | en_US |
| dc.subject | Ready to Wear | en_US |
| dc.subject | Versatile and Practical | en_US |
| dc.subject | Bleisure | en_US |
| dc.subject | Lifestyle | en_US |
| dc.subject | Career Woman | en_US |
| dc.subject | Ready to Wear | en_US |
| dc.title | PERANCANGAN WOMENSWEAR DENGAN KONSEP VERSATILE AND PRACTICAL UNTUK AKTIVITAS BLEISURE PADA BRAND DC | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| dc.identifier.nidn | 6012437 | |
| dc.identifier.kodeprodi | 90231 | |
| dc.identifier.nim | 20716039 | |
| dc.identifier.dosenpembimbing | OLIVIA GONDOPUTRANTO | |