HUBUNGAN ANTARA PENYESUAIAN DIRI DAN KONSEP DIRI AKADEMIK PADA MAHASISWA PENERIMA BEASISWA DI UNIVERSITAS X SURABAYA
Abstract
Konsep diri akademik yang baik merupakan salah satu faktor yang dapat meramalkan bagaimana capaian akademik mahasiswa dalam perkuliahan. Jikavmahasiswa memiliki konsep diri yang rendah, maka dapat diperkirvakan mahasiswa akan kesulitan dalam mencapai capaian akademik yang maksimal, karena mahasiswa tidak dapat membentuk efikasi diri dengan baik. Dalam upaya memperoleh capaian akademik yang baik diperlukan penyesuaian diri yang baik pada mahasiswa. Penyesuaian diri yang baik, dapat memicu mahasiswa dalam memahami pembelajaran dengan lebih baik, memperoleh dukungan sosial yang baik dari lingkungan, serta memunculkan perilaku berkomitmen. Penyesuaian diri mahasiswa kemudian juga akan memicu peningkatan kualitas konsep diri akademik melalui peningkatan kualitas belajar dan prestasi mahasiswa. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penyesuaian diri dengan konsep diri akademik pada mahasiswa penerima beasiswa di universitas X Surabaya. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan merupakan kuantitatif korelasional, menggunakan alat bantu berupa survei dengan dua skala. Skala pertama merupakan skala penyesuaian diri Baker & Sirk yang sudah melalui proses adaptasi (Ali, 2003). Skala kedua adalah skala konsep diri akademik yang diadaptasi berdasarkan pada skala yang disusun oleh Liu dan Wang (2005). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa penerima beasiswa di universitas X, melibatkan 100 mahasiswa sebagai sampel dengan teknik sampling snowball sampling. Responden terbagi atas dua kelompok beasiswa, yaitu Prestasi, Akademik Dan Kerja Sama 34 mahasiswa, serta Sosial Dan Yayasan 66 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan positif antara penyesuaian diri dan konsep diri akademik dengan signifikansi (p) 0.000 dan koefisien korelasi (r) mencapai 0,724 sehingga hipotesis kerja diterima. Hasil uji korelasi antara dimensi penyesuaian diri akademik (r=0,680;p=0.000), penyesuaian diri sosial (r=0,434;p= 0.000), penyesuaian diri emosional (r=0,548;p= 0.000), dan komitmen mencapai tujuan (r=0,520;p= 0.000), menunjukan adanya hubungan positif dengan konsep diri akademik pada penerima beasiswa di Universitas X.