• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Psikologi
    • Psikologi
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Psikologi
    • Psikologi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN ANTARA SELF - ESTEEM DAN KECENDERUNGAN PEMBELIAN KOMPULSIF ONLINE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS X SURABAYA

    Thumbnail
    View/Open
    Abstrak (1.752Mb)
    Bab 1 (1.792Mb)
    Bab 2 (1.799Mb)
    Bab 3 (1.977Mb)
    Bab 4 (1.945Mb)
    Bab 5 (1.665Mb)
    Bab 6 (1.837Mb)
    Halaman Judul (1.670Mb)
    Daftar Isi (1.813Mb)
    Kata Pengantar (1.880Mb)
    Lampiran (2.584Mb)
    Date
    2011
    Author
    Fransiska, Laurent
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Masyarakat Indonesia saat ini cenderung melakukan pembelian online. Mayoritas pembeli online berada pada rentang usia 18 sampai 30 tahun dan sebagian besar adalah mahasiswa. Mahasiswa berbelanja online untuk mengurangi perasaan negatif yang dirasakan, seperti burnout atau jenuh akan banyaknya tugas kuliah yang diberikan. Maraknya informasi akan produk dan jasa di internet membuat mahasiswa rentan mengalami pembelian kompulsif online. Salah satu faktor yang diduga mempengaruhi pembelian kompulsif online adalah rendahnya self - estem. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara self - esteem dengan kecenderungan pembelian kompulsif online pada mahasiswa Universitas X Surabaya. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah self - esteem, sedangkan variabel tergantungnya adalah kecenderungan pembelian kompulsif online. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas X Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Teknik pengambilan data menggunakan non - probability sampling yaitu accidental sampling dengan responden sejumlah 384 mahasiswa Universitas X Surabaya. Pengambilan data terdiri dari skala kecenderungan pembelian kompulsif online yang diadaptasi dari Valence, et al. (1988) dan Skala Self - esteem yang dikembangkan dari Amaliyah dan Prihastuti (2014). Hasil uji normalitas menggunakan Kolmogorov - smirnov didapati data berdistribusi tidak normal (p < 0.05). Hasil uji korelasi menggunakan Sperman’s Rank Corellation menunjukkan adanya hubungan negatif antara self - esteem dengan kecenderungan pembelian kompulsif online (r = - 0.14, p < 0,05). Jadi, semakin tinggi self - esteem indivdu, makan semakin rendah kecenderungan pembelian kompulsif online individu, begitupula sebaliknya. Penelitian ini dapat memberi masukan pada ilmu psikologi konsumen guna mencegah perilaku kecenderungan pembelian kompulsif online pada mahasiswa.
    URI
    http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/5975
    Collections
    • Psikologi

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire