• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Psikologi
    • Psikologi
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Psikologi
    • Psikologi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA PERANTAU ANGKATAN 2017 DI UNIVERSITAS X SURABAYA

    Thumbnail
    View/Open
    Halaman Judul (1.765Mb)
    Kata Pengantar (1.819Mb)
    Abstrak (1.826Mb)
    Daftar Isi (1.817Mb)
    Bab 1 (1.879Mb)
    Bab 2 (1.940Mb)
    Bab 4 (1.885Mb)
    Bab 4 (1.994Mb)
    Bab 5 (1.752Mb)
    Bab 6 (1.907Mb)
    Daftar Pustaka (1.863Mb)
    Lampiran (2.649Mb)
    Date
    2018
    Author
    PURBA, LIS SUGIARTA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Permasalahan regulasi diri sering kali dialami oleh semua orang, khususnya dialami oleh para mahasiswa angkatan pertama. Proses belajar yang diperoleh di bangku Sekolah Menengah Atas sangatlah berbeda ketika kuliah. Sehingga banyak mahasiswa yang kesulitan dalam meregulasi diri mereka. Mahasiswa, khususnya mahasiswa perantau tentunya memiliki harapan untuk berprestasi karena mereka telah meninggalkan kampung halamannya untuk menuntut ilmu di kampung orang lain. Untuk mencapai prestasi belajar salah satu cara yang dilakukan oleh mahasiswa adalah meregulasi diri baik dalam proses belajar maupun dalam lingkungan sosial . Dampak dari regulasi diri yang rendah akan berpengaruh terhadap prestasi belajar mereka. Dampak lain dari prestasi belajar yang rendah adalah mahasiswa menjadi mudah depresi dan frustasi hingga berakhir pada dropout. Penelitian ini ingin menguji keterkaitan regulasi diri dengan prestasi belajar pada mahasiswa perantau angkatan 2017 di Universitas X Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode korelasional yaitu untuk melihat keterkaitan positif regulasi diri dengan prestasi belajar pada mahasiswa perantau. Lokasi penelitian di Universitas X Surabaya, total responden 140 mahasiswa. Subjek dalam penelitian ini merupakan mahasiswa perantau dari luar pulau Jawa, angkatan 2017. Subjek dalam penelitian ini berusia antara 17 - 25 tahun. Teknik pengambilan responden adalah nonprobability sampling dengan Snowball Sampling . Proses pengumpulan data dengan cara membagikan skala SRQ ( Self - Regulation Questionaire), yang diadaptasi dari Miller dan Brown (1991). Sedangkan skala prestasi belajar diperoleh dari indeks prestasi mahasiswa selama proses belajar. Untuk validitas dan reliabilitas skala regulasi diri dalam penelitian ini adalah 0. 911 dengan rentang koefisien validitas 0.247 - 0.56. Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan positif antara regulasi diri dengan prestasi belajar pada mahasiswa perantau angkatan 2017 di Universitas X Surabaya (r=0.260;p=0.001). Penelitian ini dapat memberikan masukan terhadap perkembangan ilmu psikologi terutama ilmu psikologi pendidikan untuk mencegah terjadinya penurunan prestasi belajar pada mahasiswa khususunya mahasiswa perantau.
    URI
    http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/5978
    Collections
    • Psikologi

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire