Show simple item record

dc.contributor.authorPURBA, LIS SUGIARTA
dc.date.accessioned2023-02-09T08:54:20Z
dc.date.available2023-02-09T08:54:20Z
dc.date.issued2018
dc.identifier.urihttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/5978
dc.descriptionPermasalahan regulasi diri sering kali dialami oleh semua orang, khususnya dialami oleh para mahasiswa angkatan pertama. Proses belajar yang diperoleh di bangku Sekolah Menengah Atas sangatlah berbeda ketika kuliah. Sehingga banyak mahasiswa yang kesulitan dalam meregulasi diri mereka. Mahasiswa, khususnya mahasiswa perantau tentunya memiliki harapan untuk berprestasi karena mereka telah meninggalkan kampung halamannya untuk menuntut ilmu di kampung orang lain. Untuk mencapai prestasi belajar salah satu cara yang dilakukan oleh mahasiswa adalah meregulasi diri baik dalam proses belajar maupun dalam lingkungan sosial . Dampak dari regulasi diri yang rendah akan berpengaruh terhadap prestasi belajar mereka. Dampak lain dari prestasi belajar yang rendah adalah mahasiswa menjadi mudah depresi dan frustasi hingga berakhir pada dropout. Penelitian ini ingin menguji keterkaitan regulasi diri dengan prestasi belajar pada mahasiswa perantau angkatan 2017 di Universitas X Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode korelasional yaitu untuk melihat keterkaitan positif regulasi diri dengan prestasi belajar pada mahasiswa perantau. Lokasi penelitian di Universitas X Surabaya, total responden 140 mahasiswa. Subjek dalam penelitian ini merupakan mahasiswa perantau dari luar pulau Jawa, angkatan 2017. Subjek dalam penelitian ini berusia antara 17 - 25 tahun. Teknik pengambilan responden adalah nonprobability sampling dengan Snowball Sampling . Proses pengumpulan data dengan cara membagikan skala SRQ ( Self - Regulation Questionaire), yang diadaptasi dari Miller dan Brown (1991). Sedangkan skala prestasi belajar diperoleh dari indeks prestasi mahasiswa selama proses belajar. Untuk validitas dan reliabilitas skala regulasi diri dalam penelitian ini adalah 0. 911 dengan rentang koefisien validitas 0.247 - 0.56. Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan positif antara regulasi diri dengan prestasi belajar pada mahasiswa perantau angkatan 2017 di Universitas X Surabaya (r=0.260;p=0.001). Penelitian ini dapat memberikan masukan terhadap perkembangan ilmu psikologi terutama ilmu psikologi pendidikan untuk mencegah terjadinya penurunan prestasi belajar pada mahasiswa khususunya mahasiswa perantau.en_US
dc.description.abstractPermasalahan regulasi diri sering kali dialami oleh semua orang, khususnya dialami oleh para mahasiswa angkatan pertama. Proses belajar yang diperoleh di bangku Sekolah Menengah Atas sangatlah berbeda ketika kuliah. Sehingga banyak mahasiswa yang kesulitan dalam meregulasi diri mereka. Mahasiswa, khususnya mahasiswa perantau tentunya memiliki harapan untuk berprestasi karena mereka telah meninggalkan kampung halamannya untuk menuntut ilmu di kampung orang lain. Untuk mencapai prestasi belajar salah satu cara yang dilakukan oleh mahasiswa adalah meregulasi diri baik dalam proses belajar maupun dalam lingkungan sosial . Dampak dari regulasi diri yang rendah akan berpengaruh terhadap prestasi belajar mereka. Dampak lain dari prestasi belajar yang rendah adalah mahasiswa menjadi mudah depresi dan frustasi hingga berakhir pada dropout. Penelitian ini ingin menguji keterkaitan regulasi diri dengan prestasi belajar pada mahasiswa perantau angkatan 2017 di Universitas X Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode korelasional yaitu untuk melihat keterkaitan positif regulasi diri dengan prestasi belajar pada mahasiswa perantau. Lokasi penelitian di Universitas X Surabaya, total responden 140 mahasiswa. Subjek dalam penelitian ini merupakan mahasiswa perantau dari luar pulau Jawa, angkatan 2017. Subjek dalam penelitian ini berusia antara 17 - 25 tahun. Teknik pengambilan responden adalah nonprobability sampling dengan Snowball Sampling . Proses pengumpulan data dengan cara membagikan skala SRQ ( Self - Regulation Questionaire), yang diadaptasi dari Miller dan Brown (1991). Sedangkan skala prestasi belajar diperoleh dari indeks prestasi mahasiswa selama proses belajar. Untuk validitas dan reliabilitas skala regulasi diri dalam penelitian ini adalah 0. 911 dengan rentang koefisien validitas 0.247 - 0.56. Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan positif antara regulasi diri dengan prestasi belajar pada mahasiswa perantau angkatan 2017 di Universitas X Surabaya (r=0.260;p=0.001). Penelitian ini dapat memberikan masukan terhadap perkembangan ilmu psikologi terutama ilmu psikologi pendidikan untuk mencegah terjadinya penurunan prestasi belajar pada mahasiswa khususunya mahasiswa perantau.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Ciputraen_US
dc.subjectRegulasi Dirien_US
dc.subjectPrestasi Belajaren_US
dc.subjectMahasiswa Perantauen_US
dc.titleHUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA PERANTAU ANGKATAN 2017 DI UNIVERSITAS X SURABAYAen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidn5975723
dc.identifier.kodeprodi73201
dc.identifier.nim30114040
dc.identifier.dosenpembimbingJONY EKO YULIANTO


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record