HUBUNGAN ANTARA KEPEMILIKAN PSIKOLOGIS DAN ORIENTASI PASAR PADA KARYAWAN NON MARKETING PERUSAHAAN OTOMOTIF X
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kepemilikan psikologis dan orientasi pasar pada karyawan non marketing perusahaan otomotif X. Hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya hubungan positif antara kepemilikan psikologis dam orientasi pasar pada karyawan non marketing perusahaan otomotif X. Subjek penelitian ini adalah 51 karyawan non marketing. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dnegan desain korelasional. Data diperoleh dengan menggunakan skala kepemilikian psikologis yang diadaptasi dari Avolin, Crossley, & Luuthans (2009) dan skala orientasi pasar yang diadaptasi dari Scholsser dan McNaughton (2009). Hasil penelitian ini menunjukan tidak ada hubungan atau tidak berkorelasi antara kepemilikan psikologi dan orientasi pasar pada karyawan non marketing otomotif X (r = 0.008 ; p = 0.289).