HUBUNGAN ANTARA KEPEMILIKAN PSIKOLOGIS DAN PERILAKU BERORIENTASI PASAR INTERNAL PADA GURU DI SEKOLAH X
Abstract
Perilaku berorientasi pasar internal adalah keadaan di mana pegawai menunjukkan penatalayanan satu dengan lainnya; yang dapat mendukung kesuksesan perusahaan (Lings & Greenley, 2010). Penelitian ini betujuan untuk melihat hubungan antara kepemilikan psikologis dan perilaku berorientasi pasar internal pada guru di sekolah X. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional, dan data dianalisa menggunakan Pearson - Product Moment melihat distribusi data ditemukan normal. Total population study digunakan dalam penelitian (n=65). Peneliti mengumpulkan data dengan mendistribusikan skala perilaku berorientasi pasar internal yang diadaptasi dari Lings & Greenley (2005), dan skala kepemilikan psikologis yang diadaptasi dari Avey et al (2009). Hasil uji korelasi menunjukkan hipotesis penelitian diterima, yaitu ada hubungan positif antara kepemilikan psikologis dan perilaku berorientasi pasar internal pada guru di sekolah X (p<0,05; r=0,250). Hal ini menunjukkan bahwa semakin besar kepemilikan psikologis yang dimiliki guru,maka semakin sering pula perilaku berorientasi pasar internal pada guru tersebut.