Laporan Kemajuan Penelitian Dana Internal Penelitian "Model Pembelajaran Kolaboratif"

View/ Open
Date
2024Author
Utomo, Tri Noviyanto P.
Purwoko, Gervasius Herry
Lee, Jason Scott
Yovita
Metadata
Show full item recordAbstract
Pembelajaran kolaboratif merupakan salah satu konsep pembelajaran yang sudah sering dilakukan dan menjadi solusi bagi problematika pembelajaran satu arah yang dianggap kurang efektif di lingkungan pendidikan yang makin berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan model pembelajaran kolaboratif dalam perspektif yang lebih kompleks karena melibatkan dunia industri secara langsung dalam proses pembelajarannya. Pembelajaran kolaboratif ini melibatkan 27 mahasiswa interior arsitektur dan satu perusahaan furnitur yang berorientasi pasar ekspor dan domestic di kota Gresik, Jawa Timur. Konstruksi pembelajaran kolaboratif dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu, membangun Kerjasama dengan mitra kolaborasi, tahapan menyusun materi pembelajaran dan implementasinya termasuk uji kelayakan produk serta evaluasi hasil pembelajaran. Hasil penelitian ini menawarkan model pembelajaran kolaboratif yang lebih luas cakupan pembelajarannya karena keterlibatan banyak pihak, seperti tutor professional, mahasiswa, dosen serta mitra industri dan memberi implementasi hasil yang nyata. Hasil pembelajaran ini juga langsung memberi manfaat baik terhadap pengkayaan materi pembelajaran itu sendiri maupun menjawab kebutuhan mitra industri akan sumber daya manusia lulusan pendidikan tinggi yang trampil dan siap bekerja. Dalam jangka panjang pembelajaran kolaboratif ini juga menciptakan peluang kerjasama dan sinergi dengan alumni yang akan membuka usaha produk furnitur. Di samping itu juga menciptakan mitra dan jejaring baru yang saling menguntungkan keberlangsungan usaha baik bagi perusahaan maupun alumni pendidikan tinggi secara berkelanjutan.
