| dc.contributor.author | Ong, Fernando Alexander | |
| dc.date.accessioned | 2025-02-12T06:47:48Z | |
| dc.date.available | 2025-02-12T06:47:48Z | |
| dc.date.issued | 2018 | |
| dc.identifier.issn | 5976352 | |
| dc.identifier.uri | https://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/7895 | |
| dc.description | Badminton is one kind of sport that has developed and most favored by people, ranging from children to adults, both male and female. The proof that this sport is loved by people all around the world and has been part of Indonesia society is the establishment of Badminton clubs in many cities and regions, one of them is in Surabaya. Nevertheless, there are many people still have difficulty in playing badminton. There are several factors that cause someone faces difficulty in playing badminton, one of them is the difficulty finding friends that also have same interest in Badminton and lack of detail information regarding facilities provided in a badminton sport center . With smartphone and android platform growth, a media to solve this problem is given to ease people in playing badminton. By utilizing mobile application, researcher wants to design and develop an application that is able to help facilitating people to play badmin ton. This app lication is made using client - server architecture with an Android - based smartphone on the client side, then integrated with Google Firebase database on the server side. Software Development Life Cycle (SDLC) Method with Reverse Waterfall model is the method used for the application development. The end result for this research is to help people in gaining detail information regarding Badminton sport center in Surabaya and looking for friends to exercise. | en_US |
| dc.description.abstract | Olahraga bulutangkis adalah salah satu cabang olahraga yang berkembang dan banyak digemari oleh masyarakat, mulai dari anak - anak sampai tingkat orang tua, laki - laki maupun perempuan. Salah satu bukti bahwa olahraga ini sangat digemari di seluruh dunia dan sudah menjadi bagian dari masyarakat indonesia adalah, didirikannya perkumpulan atau klub bulutangkis di kota - kota maupun di daerah, salah satunya di kota Surabaya. Meskipun demikian, masih banyak orang - orang yang mengalami kesulitan untuk melakukan olahraga bulutangkis. Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang kesulitan untuk melakukan olahraga bulutangkis, antara lain kesulitan menemukan teman yang memiliki hobi berolahraga bulutangkis dan kurangnya informasi secara detail mengenai fasilitas yang ada pada suatu gedung olahraga bulutangkis. Dengan adanya per tumbuhan smartphone dan platform android , maka diberikan suatu media yang menyelesaikan masalah ini, sehingga mempermudah seseorang dalam melakukan olahraga bulutangkis. Dengan memanfaatkan mobile application , peneliti ingin merancang dan membangun sebuah aplikasi yang dapat membantu untuk mempermudah seseorang dalam berolahraga bulutangkis. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan arsitektur client - server dimana pada sisi client merupakan perangkat smartphone yang menggunakan sistem operasi Android dan dari sisi server diintegrasi kan dengan database Google Firebase . Metode Software Development Life Cycle (SDLC) dengan model Reverse Waterfall adalah metode yang digunakan untuk pengembangan aplikasi. Hasil akhir dari penelitian ini dapat membantu seseorang untu k mendapatkan informasi secara detail tentang gedung lapangan bulutangkis di Surabaya, dan mencari teman berolahraga bulutangkis. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Universitas Ciputra | en_US |
| dc.subject | Olahraga bulutangkis | en_US |
| dc.subject | Smartphone | en_US |
| dc.subject | Aplikasi Android | en_US |
| dc.subject | Google Firebase | en_US |
| dc.subject | SDLC Reverse Waterfall model | en_US |
| dc.subject | Badminton Sport | en_US |
| dc.subject | Android Application | en_US |
| dc.title | RANCANG BANGUN APLIKASI PENDUKUNG OLAHRAGA BADMINTON BERBASIS ANDROID | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| dc.identifier.kodeprodi | 55201 | |
| dc.identifier.nim | 20414002 | |
| dc.identifier.dosenpembimbing | Stephanus Eko Wahyudi | |