RANCANG BANGUN APLIKASI PENDUKUNG OLAHRAGA BADMINTON BERBASIS ANDROID
Abstract
Olahraga bulutangkis adalah salah satu cabang olahraga yang berkembang dan banyak digemari oleh masyarakat, mulai dari anak - anak sampai tingkat orang tua, laki - laki maupun perempuan. Salah satu bukti bahwa olahraga ini sangat digemari di seluruh dunia dan sudah menjadi bagian dari masyarakat indonesia adalah, didirikannya perkumpulan atau klub bulutangkis di kota - kota maupun di daerah, salah satunya di kota Surabaya. Meskipun demikian, masih banyak orang - orang yang mengalami kesulitan untuk melakukan olahraga bulutangkis. Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang kesulitan untuk melakukan olahraga bulutangkis, antara lain kesulitan menemukan teman yang memiliki hobi berolahraga bulutangkis dan kurangnya informasi secara detail mengenai fasilitas yang ada pada suatu gedung olahraga bulutangkis. Dengan adanya per tumbuhan smartphone dan platform android , maka diberikan suatu media yang menyelesaikan masalah ini, sehingga mempermudah seseorang dalam melakukan olahraga bulutangkis. Dengan memanfaatkan mobile application , peneliti ingin merancang dan membangun sebuah aplikasi yang dapat membantu untuk mempermudah seseorang dalam berolahraga bulutangkis. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan arsitektur client - server dimana pada sisi client merupakan perangkat smartphone yang menggunakan sistem operasi Android dan dari sisi server diintegrasi kan dengan database Google Firebase . Metode Software Development Life Cycle (SDLC) dengan model Reverse Waterfall adalah metode yang digunakan untuk pengembangan aplikasi. Hasil akhir dari penelitian ini dapat membantu seseorang untu k mendapatkan informasi secara detail tentang gedung lapangan bulutangkis di Surabaya, dan mencari teman berolahraga bulutangkis.

