• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Psikologi
    • Psikologi
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Psikologi
    • Psikologi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERBEDAAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI YANG DITITIPKAN DI TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA) DITINJAU DARI KESESUAIAN PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN DENGAN PRINSIP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)

    Thumbnail
    View/Open
    Halaman Judul (215.0Kb)
    Abstrak (249.3Kb)
    Kata Pengantar (201.6Kb)
    Daftar Isi (228.8Kb)
    Daftar Tabel-Daftar Lampiran (209.7Kb)
    Bab 1 (287.1Kb)
    Bab 2 (364.6Kb)
    Bab 3 (458.7Kb)
    Bab 4 (454.2Kb)
    Bab 5 (300.5Kb)
    Bab 6 (332.5Kb)
    Daftar Pustaka (235.9Kb)
    Lampiran (313.5Kb)
    Date
    2011
    Author
    Wijaya, Verona
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Taman Penitipan Anak (TPA) merupakan lembaga yang keberadaanya bertujuan untuk membantu keluarga yang kedua orangtua bekerja. Pada setiap Taman Penitipan Anak (TPA) diharapkan kebutuhan perkembangan dasar anak tetap dapat terpenuhi dengan menerapkan prinsip Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam metode pembelajarannya. Penelitian ini meneliti perbandingan perkembangan kognitif anak usia dini di TPA yang menerapkan prinsip PAUD dan tidak. Penelitian ini mengambil sampel dari populasi dengan teknik area sampling dan purposive random sampling. Area sampling digunakan untuk mengambil sampel di 3 wilayah Surabaya, yaitu Surabaya Barat, Surabaya Timur, dan Surabaya Selatan. Teknik purposive sampling dipakai pada pemilihan TPA di setiap wilayah dengan menetapkan kriteria yang dianggap peneliti sesuai menjadi sampel penelitian, yaitu anak usia 4-6 tahun dan dititipkan TPA. Kemudian pemilihan 6 TPA yang terdiri dari 2 TPA di Surabaya Barat ; 2 TPA di Surabaya Timur, ; dan 2 TPA di Surabaya Selatan dipilih secara random. Jumlah sampel yang keseluruhan sebanyak 38 anak yang terdiri dari 16 anak dari TPA yang program pembelajarannya sesuai dengan prinsip PAUD dan 22 anak dari TPA yang program pembelajarannya tidak sesuai dengan prinsip PAUD. Penelitian ini menggunakan “Skala Penilaian Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini” sebagai instrumen penelitian dengan jumlah item yang lolos pada uji validitas dan uji reliabilitas alat tes sebanyak 18 butir item. Dari hasil uji statistik menggunakan uji beda nonparametric Wilcoxon Rank-Sum Test menunjukkan tidak ada perbedaan perkembangan kognitif anak usia 4-6 tahun yang dititipkan di TPA yang program pembelajarannya sesuai dengan prinsip PAUD dan tidak sesuai PAUD (W= 200 ; pvalue = 0.4802).
    URI
    https://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/8032
    Collections
    • Psikologi

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire