PERBEDAAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI YANG DITITIPKAN DI TAMAN PENITIPAN ANAK (TPA) DITINJAU DARI KESESUAIAN PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN DENGAN PRINSIP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
Abstract
Taman Penitipan Anak (TPA) merupakan lembaga yang keberadaanya bertujuan
untuk membantu keluarga yang kedua orangtua bekerja. Pada setiap Taman Penitipan
Anak (TPA) diharapkan kebutuhan perkembangan dasar anak tetap dapat terpenuhi
dengan menerapkan prinsip Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam metode
pembelajarannya. Penelitian ini meneliti perbandingan perkembangan kognitif anak usia
dini di TPA yang menerapkan prinsip PAUD dan tidak. Penelitian ini mengambil
sampel dari populasi dengan teknik area sampling dan purposive random sampling.
Area sampling digunakan untuk mengambil sampel di 3 wilayah Surabaya, yaitu
Surabaya Barat, Surabaya Timur, dan Surabaya Selatan. Teknik purposive sampling
dipakai pada pemilihan TPA di setiap wilayah dengan menetapkan kriteria yang
dianggap peneliti sesuai menjadi sampel penelitian, yaitu anak usia 4-6 tahun dan
dititipkan TPA. Kemudian pemilihan 6 TPA yang terdiri dari 2 TPA di Surabaya Barat ;
2 TPA di Surabaya Timur, ; dan 2 TPA di Surabaya Selatan dipilih secara random.
Jumlah sampel yang keseluruhan sebanyak 38 anak yang terdiri dari 16 anak dari TPA
yang program pembelajarannya sesuai dengan prinsip PAUD dan 22 anak dari TPA
yang program pembelajarannya tidak sesuai dengan prinsip PAUD. Penelitian ini
menggunakan “Skala Penilaian Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini” sebagai
instrumen penelitian dengan jumlah item yang lolos pada uji validitas dan uji reliabilitas
alat tes sebanyak 18 butir item. Dari hasil uji statistik menggunakan uji beda
nonparametric Wilcoxon Rank-Sum Test menunjukkan tidak ada perbedaan
perkembangan kognitif anak usia 4-6 tahun yang dititipkan di TPA yang program
pembelajarannya sesuai dengan prinsip PAUD dan tidak sesuai PAUD (W= 200 ; pvalue
= 0.4802).
