Show simple item record

dc.contributor.authorDewi, Cecilia Utami
dc.date.accessioned2025-08-08T08:58:56Z
dc.date.available2025-08-08T08:58:56Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttps://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/8533
dc.descriptionT his project is about development of puzzle game to train player’s logic on problem solving. Most of puzzle games have one pattern which is the puzzle only have one solution which when the player couldn’t solve the problem, they couldn’t continue the story of the game. If the player couldn’t continue the game it could lead them to frustation or they won’t play the game anymore. The game of this pr oject builded as adventure type, which the game contains a story, the ending of this game divided into 3 which is happy ending, normal ending, and bad ending. The player got the ending depends on how they answer the puzzle in the game, the more correct ans wer that the player give then the ending of the story that they got is happy ending, while the more incorrect answer that player give then the player got sad ending, therefore the player could continue the story even though the answer that the player give is incorrect. Each puzzle has a their own point, which the player could gather the point from the answer of the puzzle that the player gave.Algorithm that used to decide which ending that player got in this game is decision tree that consist of points of p layer. This game is builded using Unity game engine to Android device. This project analyze was done to mengetahui? Which features are needed in the game, the analysis was done based on theory of gamification. The feature which is obtain from the analysis were implemented to the game, after the game was done builded then the game was tested. The testing is divided into 2 which is verification testing and validation testing. The result of the verification testing shown that the players find it’s difficult to get a ranking of A because lack of information about the mission in the game, while the result of the validation testing shown that the player find it’s difficult to control the camera, which the game needs more improving in the next developmenten_US
dc.description.abstractTugas Akhir ini mengenai rancang bangun game puzzle yang bertujuan untuk melatih logika pemain dalam memecahkan masalah. Permainan puzzle sebagian besar memiliki satu pola, yaitu solusi dari puzzle tersebut hanya satu sehingga bila pemain tidak dapat menjawab puzzle tersebut pemain tidak dapat melanjutkan cerita didalam permainan, dimana bila pemain tidak dapat melanjutkan permainan dapat mengakibatkan frustasi atau pemain tidak ingin melanjutkan permainan tersebut. Permainan pada tugas akhir ini dirancang berjenis adventure , dimana terdapat cerita didalamnya, cerita akhir dari permainan ini dibagi menjadi 3, yaitu happy ending, normal ending , dan bad ending . Cerita akhir yang diperoleh pemain tergantung dari jawaban yang diberikan pemain, semakin banyak jawaban yang diberikan pemain maka cerita akhir yang d iperoleh ialah happy ending, jika jawaban yang diberikan salah maka cerita akhir yang diperoleh ialah sad ending, sehingga pemain dapat melanjutkan cerita meskipun jawaban yang diberikan pemain salah. Setiap puzzle memiliki point tersendiri, dimana pemain dapat mengumpulkan point tersebut dari jawaban yang diberikan oleh pemain. Perhitungan yang digunakan untuk mengetahui bagaimana pemain mendapatkan cerita akhir ialah menggunakan algoritma decision tree yang berisi point - point yang diperoleh pemain. Permai nan ini dirancang menggunakan game engine Unity yang hasilnya diaplikasikan ke perangkat Android. Pada tugas akhir ini dilakukan analisa untuk mengetahui fitur apa saja yang dibutuhkan permainan, analisa dilakukan dengan menggunakan teori gamifikasi. Fitur yang diperoleh dari hasil analisa diimplementasikan ke dalam permainan, setelah permainan selesai dirancang maka dilakukan pengujian. Pengujian dibagi menjadi 2, yaitu pengujian verifikasi dan pengujian validasi. Dari hasil pengujian verifikasi diperoleh kesulitan pemain untuk mendapatkan rank A dikarenakan kurangnya informasi pada misi permainan, sedangkan pada hasil pengujian validasi diperoleh pemain mengalami kesulitan saat pengaturan kamera, sehingga perlunya perbaikan didalam permainan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Ciputraen_US
dc.subjectPuzzleen_US
dc.subjectJalan Ceritaen_US
dc.subjectDecision Treeen_US
dc.subjectStorylineen_US
dc.titlePancang Bangun game puzzle The Key berbasis Androiden_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nim20411031
dc.identifier.dosenpembimbingStephanus Eko Wahyudi


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record