RANCANG BANGUN GAME BERLATIH DAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH UNTUK ANAK TK-SD BERBASIS ANDROID
Abstract
Berkembangnya jaman dan kemajuan teknologi yang sangat pesat tidak dapat dipungkiri didalam keseharian kehidupan kita bergantung kepada teknologi, bahkan keluarga modern saat ini menggunakan gadget dalam kesehariannya, hal ini menyebabkan keluarga yang memiliki anak- anak selalu menggunakan gadget sebagai media belajar dan bermain game. Sebagai umat muslim, orang tua harus mengajarkan bacaan Al- Qur’an kepada anaknya sejak dini, agar anak cepat mengenal dan memahami bacaan Al- Qur’an. Namun, anak -anak cepat bosan dan tidak tertarik untuk belajar Al- Qur’an. Oleh karena itu, diperlukannya media belajar yang interaktif dan aplikatif, yaitu dengan game edukasi. Dalam pembuatan game edukasi ini berupa aplikasi berbasis Android yang dapat diunduh secara gratis, dan sebagai pedoman dalam bacaan Al- Qur’an yaitu hu ruf Hijaiyah dengan menggunakan metode Tilawati . Pengujian game ini akan dilakukan langsung oleh guru mengaji dan anak TK - SD untuk mengetahui fungsional dan kemenarikan game ini. Manfaat dari game edukasi adalah sebagai alat bantu yang interaktif dan menyenangkan untuk anak agar diharapkan anak lebih mengenal dan memahami bacaan Al - Qur’an yaitu huruf Hijaiyah sebagai tambahan belajar dari yang di buku maupun di TPQ. Materi yang digunak an dalam game edukasi ini mengacu pada buku “Ti lawati metode praktis cepat lancar belajar membaca Al - Qur’an untuk TK/TP Al - Qur’an”. Pembuatan game edukasi ini menggunakan platform Unity3D dan menggunakan bahasa C++. Pendekatan RUP ( Rational Unified Process) digunakan pada pembuatan tugas akhir ini, yan g terdiri dari 4 tahap yaitu inception,elaboration,construction,transition . Pegujian manfaat aplikasi dilakukan terhadap 10 anak berusia 5 - 12 tahun dan guru/Ustad. Hasilnya dari pengujian tersebut adalah anak dan guru mendapatkan manfaat bahwa aplikasi “Pl aying Hijaiyah” menjadi media pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif.

