• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Teknologi Informasi
    • Teknologi Informasi
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Teknologi Informasi
    • Teknologi Informasi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    RANCANG BANGUN GAME BERLATIH DAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH UNTUK ANAK TK-SD BERBASIS ANDROID

    Thumbnail
    View/Open
    Halaman Judul (165.8Kb)
    Pernyataan Keaslian Skripsi (446.4Kb)
    Persetujuan Dosen Pembimbing Skripsi (367.1Kb)
    Persetujuan Tim Penguji Skripsi (461.0Kb)
    Abstrak (325.0Kb)
    Kata Pengantar (328.1Kb)
    Daftar Isi (514.0Kb)
    Bab 1 (484.9Kb)
    Bab 2 (924.6Kb)
    Bab 3 (1.244Mb)
    Bab 4 (1.464Mb)
    Bab 5 (227.4Kb)
    Daftar Pustaka (421.2Kb)
    Lampiran 1 (1.935Mb)
    Date
    2015
    Author
    Kumalasari, Vidya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berkembangnya jaman dan kemajuan teknologi yang sangat pesat tidak dapat dipungkiri didalam keseharian kehidupan kita bergantung kepada teknologi, bahkan keluarga modern saat ini menggunakan gadget dalam kesehariannya, hal ini menyebabkan keluarga yang memiliki anak- anak selalu menggunakan gadget sebagai media belajar dan bermain game. Sebagai umat muslim, orang tua harus mengajarkan bacaan Al- Qur’an kepada anaknya sejak dini, agar anak cepat mengenal dan memahami bacaan Al- Qur’an. Namun, anak -anak cepat bosan dan tidak tertarik untuk belajar Al- Qur’an. Oleh karena itu, diperlukannya media belajar yang interaktif dan aplikatif, yaitu dengan game edukasi. Dalam pembuatan game edukasi ini berupa aplikasi berbasis Android yang dapat diunduh secara gratis, dan sebagai pedoman dalam bacaan Al- Qur’an yaitu hu ruf Hijaiyah dengan menggunakan metode Tilawati . Pengujian game ini akan dilakukan langsung oleh guru mengaji dan anak TK - SD untuk mengetahui fungsional dan kemenarikan game ini. Manfaat dari game edukasi adalah sebagai alat bantu yang interaktif dan menyenangkan untuk anak agar diharapkan anak lebih mengenal dan memahami bacaan Al - Qur’an yaitu huruf Hijaiyah sebagai tambahan belajar dari yang di buku maupun di TPQ. Materi yang digunak an dalam game edukasi ini mengacu pada buku “Ti lawati metode praktis cepat lancar belajar membaca Al - Qur’an untuk TK/TP Al - Qur’an”. Pembuatan game edukasi ini menggunakan platform Unity3D dan menggunakan bahasa C++. Pendekatan RUP ( Rational Unified Process) digunakan pada pembuatan tugas akhir ini, yan g terdiri dari 4 tahap yaitu inception,elaboration,construction,transition . Pegujian manfaat aplikasi dilakukan terhadap 10 anak berusia 5 - 12 tahun dan guru/Ustad. Hasilnya dari pengujian tersebut adalah anak dan guru mendapatkan manfaat bahwa aplikasi “Pl aying Hijaiyah” menjadi media pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif.
    URI
    https://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/8567
    Collections
    • Teknologi Informasi

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire