Analisis Pola Suksesi Bisnis Keluarga (Studi Pada Bisnis Keluarga Skala Menengah Di Jawa Timur)

Date
2015-04-25Author
Utami, Christina Whidya
Bernardus, Denny
Shinta, Gek
Metadata
Show full item recordAbstract
Bisnis keluarga adalah sebuah bisnis yang dikembangkan oleh anggota keluarga di mana kedua hal yakni kepemilikan dan pembuatan kebijakan di dominasi oleh anggota dari sebuah kelompok kekerabatan emosional. Terdapat perbedaan karakteristik bisnis keluarga yang tidak sama dengan perusahaan pada umumnya yang akan ditelaah untuk dapat membangun pola suksesi manajemen dalam upaya mempertahankan kesuksesan bisnis keluarga. Data statistik menunjukkan bahwa 30 persen dari perusahaan keluarga dapat bertahan hidup dalam  generasi kedua dari kepemilikan keluarga, dan  hanya 15 persen bertahan hidup ke dalam generasi ketiga (Kets de Vries, 1993; Ward, 1987). Hal ini menunjukkan bahwa penting sekali untuk meneliti faktor penting yang menjadi kunci transisi sukses sebuah bisnis keluarga. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis apakah pola suksesi manajemen meliputi personality system, family system, ownership system dan management system tepat dalam upaya mempertahankan kesuksesan bisnis keluarga (Studi Pada Bisnis Keluarga Skala Menengah generasi kedua di Jawa Timur). 
Sejumlah 52 perusahaan keluarga generasi ke dua di Jawa Timur digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini, dengantehnik analisis Partial Least Square dihasilkan bahwa Variabel Family System yang memiliki pengaruh signifikan terhadap Keberlanjutan Bisnis Keluarga, sedangkan variabel Personality System, Ownership System dan Personality system tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Keberlanjutan bisnis keluarga
