Metode Accounting Active Learning Sebagai Metode Pengajaran Akuntansi Untuk Pendidikan Berbasis Entrepreneurship: Implementasi Pada Matakuliah Etika Bisnis
Abstract
Pergeseran peran akuntansi saat ini sudah masuk dalam tataran strategis sehingga akuntan berperan sebagai mitra top manajemen dalam pengambilan keputusan (Tarigan, 2010). Oleh karena itu akuntan tidak hanya harus memiliki keahlian akuntansi namun juga soft skill yang tinggi. Oleh karena itu maka kreativitas dan inovasi harus diberikan di pendidikan akuntansi. Dalam rangka menghasilkan sarjana akuntansi yang kreatif dan inovatif serta memiliki kemampuan untuk membuka usaha sendiri (berwirausaha), program studi akuntansi Universitas Ciputra merintis dan mengembangkan metode pengajaran yang disebut dengan “Accounting Active Learning”. Melalui metode pengajaran ini mahasiswa akuntansi diharapkan mampu belajar ilmu akuntansi dengan menyenangkan tapi tetap mendalam (“solid and fun”). Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana dan dampak penerapan accounting active learning dalam matakuliah etika bisnis. Penelitian ini menjelaskan bagaimana proses perencanaan, penerapan dan evaluasi yang telah dilakukan selama 8 minggu. Penelitian ini juga menjabarkan aktivitas apa saja yang dilakukan dan proses penerapannya. Kekurangan dan kelebihan metode accounting active learning juga akan dieksplorasi dalam penelitian ini. Hasil Refleksi menemukan bahwa melalui metode tersebut mahasiswa dapat menikmati proses belajar mengajar dan mampu untuk memahami beberapa konsep penting yang menjadi tujuan mata kuliah etika bisnis tersebut.