Show simple item record

dc.contributor.authorTonara, David Boy
dc.date.accessioned2017-07-12T07:15:18Z
dc.date.available2017-07-12T07:15:18Z
dc.date.issued2015-02-01
dc.identifier.issn2460-1306
dc.identifier.urihttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1057
dc.description.abstractMarket Basket Analysis adalah salah satu metode pada data mining yang menitik beratkan pada kecenderungan sifat yang sama pada sebuah kondisi. Pada implementasinya Market Basket Analysis sering digunakan untuk menganalisa kecenderungan pembelian seseorang pada saat yang sama. Salah satu kekurangan penggunaan Algoritma Apriori pada Market Basket Analysis adalah ketidakmampuannya untuk memperhatikan hirarki dalam membentuk model pengetahuan yang dihasilkan. Hal ini dikarenakan Algoritma Apriori hanya bekerja pada jajaran level yang sama. Artikel ini akan membahas mengenai modifikasi yang dapat dilakukan pada Algoritma Apriori sehingga dapat digunakan untuk menganalisa kecenderungan dengan memperhatikan hirarki. Modifikasi Algoritma Apriori ini diimplementasikan pada data dummy toko roti. Modifikasi algoritma Apriori menjadi memperhatikan hirarki atau pengkategorian menghasilkan rule-rule yang lebih inovatif dan tidak dapat dihasilkan dari algoritma Apriori biasa. Modifikasi algoritma Apriori ini tetap membutuhkan pengujian pada kondisi data dunia nyata, walaupun di atas kertas sudah terlihat kelebihannya dibandingkan algoritma Apriori standart.en_US
dc.publisherTonara, D. B. 2015. Hierarchical Market Basket Analysis berbasis Algoritma Apriori. Jurnal Informatika dan Sistem Informasi.1(1):21-26.en_US
dc.subjectapriori, market baskey analysis, association ruleen_US
dc.titleHierarchical Market Basket Analysis berbasis Algoritma Apriorien_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record