Menjadi Entrepreneur: Tantangan Dalam Pertumbuhan Pribadi Untuk Mencapai Hidup Yang Bermakna
Abstract
Entrepreneurship telah diyakini sebagagai solusi untuk menciptakan kemakmuran suatu negara. Karenanya belakangan ini pendidikan entrepreneurship marak dilakukan di Indonesia. Pendidikan entrepreneurship tidak hanya dilakukan di level perguruan tinggi, tetapi juga di beberapa Sekolah menengah Atas. Tujuan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan intensi ber-entrepreneur (entrepreneurial intention) pada siswa-siswa SMA yang menerapkan pendidikan entrepreneurship. Penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 118 siswa-siswi yang berasal dari dua SMA yang mengupayakan pengembangan mindset entrepreneur pada siswa didik melalui program pendidikan entrepreneurship yang dilakukan. Data dikumpulkan melalui angket dan diolah secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensi ber-entrepreneur pada siswa-siswi tersebut berada dalam kategori tinggi. Tantangan yang muncul sebagai seorang entrepreneur, persiapan pribadi yang diperlukan untuk mengalami learning dan growth agar dapat mencapai kualitas hidup yang positif, bertujuan, dan bermakna akan dikupas lebih lanjut dalam artikel ini.