PROSES PENYUSUNAN BALANCED SCORECARD PADA SEKOLAH CITRA BERKAT SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penyusunan balanced
scorecard di Sekolah Citra Berkat Surabaya. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara
semi terstruktur dan dokumentasi berupa balanced scorecard di Sekolah Citra
Berkat Surabaya. Wawancara dilakukan oleh dua informan yaitu koordinator
kepala sekolah dan salah satu penyusun utama balanced scorecard. Awal
penyusunan balanced scorecard dilakukan berdasarkan instruksi dari manajemen
atas. Ketika menyusun balanced scorecard pertama kali disusun tanpa ada diskusi
antar pimpinan tetapi penyusunan balanced scorecard kedua pimpinan tiap unit
terlibat dalam penyusunan balanced scorecard di Sekolah Citra Berkat. Proses
penyusunan balanced scorecard dilihat dari lima pilar pendidikan kemudian lima
pilar tersebut diaplikasikan keempat perspektif yaitu keuangan, pelanggan,
internal bisnis dan proses pembelajaran dan pertumbuhan. Setelah
mengelompokkannya ke dalam empat perspektif, tim penyusun dan pimpinan tiap
unit akan mendiskusikan target-target yang harus dicapai sesuai dengan Key
Performance Indicator (KPI). Target yang telah ditentukan, dibuat dan disusun
berdasarkan kesepakatan antar pimpinan tiap unit. Pengukuran kinerja di Sekolah
Citra Berkat ini melibatkan semua anggota mulai dari pimpinan, guru, staff
hingga karyawan dalam menjalankan target. Hasil dari penelitian ini menunjukkan
bahwa dengan adanya balanced scorecard, sekolah tersebut dapat melihat
kekurangan yang harus diperbaiki agar Sekolah Citra Berkat semakin maju dan
berkembang di kalangan masyarakat.
