PERAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH PENGANTAR AKUNTANSI DAN ETIKA BISNIS TERHADAP ESKALASI KOMITMEN DALAM MENJALANKAN PROYEK BISNIS
Abstract
Peranan pembelajaran mata kuliah Pengantar Akuntansi dan Etika Bisnis diharapkan mampu
membantu mahasiswa dalam menjalankan projek bisnis, ilmu yang diberikan kepada mahasiswa juga
diharapkan mampu menjadi bekal mahasiswa setelah lulus nantinya terutama saat berada di kehidupan
kerja. Pengantar Akuntansi dan Etika Bisnis diajarkan agar mahasiswa mampu menjalankan projek bisnis
dengan semestinya dalam penelitian ini peneliti mencoba melihat dari satu sisi yaitu laporan keuangan
yang mereka buat selama ini, peneliti berusaha menganalisa bagaimana mata kuliah yang diajarkan
mampu memberi peran dalam keputusan eskalasi komitmen yang dibuat oleh mahasiswa Akuntansi dan
IBM selama menjalankan bisnis. Mata kuliah yang diajarkan semestinya dapat menghindarkan mahasiswa
dari Eskalasi komitmen dalam menjalankan proyek bisnis tetapi mahasiswa Akuntansi dan IBM mengaku
melakukan Eskalasi komitmen bukan karena pengajaran yang mereka terima kurang jelas atau
pelajarannya yang sulit dipahami tetapi ada beberapa faktor yang membuat mahasiswa Akuntansi dan
IBM mengaku secara terpaksa melakukan tindakan Eskalasi komitmen dengan tujuan menyelamatkan
kelompok maupun dirinya sendiri. Faktor tersebut diakui para mahasiswa dapat berasal dari tuntutan
eksternal kelompok atau internal kelompok, Peran pembelajaran dapat diterapkan oleh mahasiswa
sehingga tidak melakukan tindakan eskalasi komitmen dalam proyek bisnis, tetapi dalam prakteknya
meskipun perusahaan besar pun banyak tindakan eskalsi komitmen yang terjadi karena pada intinya
eskalasi komitmen merupakan tindakan yang dilakukan untuk melindungi tujuan tertentu, jika tujuan
tersebut untuk keuntungan kelompok maka terjadilah eskalasi komitmen kelompok dan begitu juga
dengan tindakan eskalasi komitmen individu. Pemahaman mengenai Pengantar Akuntansi dan Etika
Bisnis sudah cukup bagi mahasiswa Akuntansi dan IBM tetapi penerapan yang terjadi belum optimal
terutama jika dilihat dari laporan keuangan yang mereka buat, kurang menunjukkan bahwa mahasiswa
mampu menerapkan dengan optimal ilmu yang mereka pelajari selama ini.