Analisis Motif Penonton Reality show Televisi Di Indonesia
View/ Open
Date
2011-10Author
Rani Moerkardjono, Sukma
Ellya Kurniawan, Jimmy
Metadata
Show full item recordAbstract
Reality show merupakan jenis tayangan televisi yang banyak diproduksi dalam satu dekade belakang ini. Berdasarkan hasil survei dari Rating Televisi Indonesia, lima tayangan reality show televisi yang menempati 100 rating teratas belakangan ini adalah Big Brother Indonesia, Master Chef Indonesia, Cinta & Uya Sama-Sama Kuya, Jika Aku Menjadi dan Termehek-Mehek. Motif penonton kelima reality show terlaris tersebut perlu dianalisis lebih jauh, sehingga melalui analisis ini dapat diketahui hal-hal apa yang sebenarnya membuat penonton Indonesia tertarik menyaksikan reality show televisi. Berdasarkan teori identitas sosial setiap orang memiliki ke cenderungan untuk mengidentifikasi diri dengan suatu kelompok. Ketika identitas sosial terbentuk, seseorang akan cenderung mengembangkan sikap yang disebut sebagai in-group favoritisme, yang berarti menggandrungi kelompok sendiri dan akan memberikan dukungan material maupun imaterial. Demikian juga penonton akan merasa lebih in-group dengan tayangan reality show di televisi karena kebanyakan pemerannya adalah orang biasa dan bukan kaum selebritis. Sementara Reiss & Wiltz (2004) mengungkapkan adanya 16 motif yang mendasari seseorang menonton reality show. yaitu power, curiosity, independence, status, social contact, vengeance, honor, idealis, physical exercise, romance, family, order, eating, acceptance, tranquility dan saving. Penelitian ini akan mengungkap dan membahas hasil survei motif penonton terhadap kelima tayangan reality show tersebut yang dilakukan kepada 67 mahasiswa Program Studi Psikalogi Universitas Ciputra Surabaya.