ANALISIS PENGARUH VARIABEL PERCEIVED USEFULNESS , TRUST, CONSUMER SATISFACTION, DAN INTENTION TO USE PADA PENGGUNAAN APLIKASI INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA TRANSAKSI JUAL BELI
Abstract
Analisis Pengaruh Perceived Usefulness, Trust, Consumer Satisfaction, dan Intention to Use Pada Penggunaan Aplikasi Instagram Sebagai Media Transaksi Jual Beli
Seiring perkembangan teknologi, menyebabkan berubahnya juga gaya hidup
masyarakat Indonesia. Mulai dari memilih smartphone daripada laptop atau desktop
hingga pembelian barang secara online, tidak terkecuali barang kebutuhan pokok
maupun keinginan semata. Instagram merupakan sebuah media atau Platform yang
digunakan masyarakat sebagai kebutuhan sehari-hari. Mulai dari hanya untuk
memenuhi kebutuhan sosial seperti menjadi seorang public figure sampai berjualan
online. Menggunakan aplikasi Instagram sebagai media transaksi jual beli secara online
menimbulkan pasar dan metode khusus. Dengan demikian, muncullah penelitian ini.
Pada penelitian kali ini penulis menggunakan metode Technology Acceptance Model
(TAM), yang telah dikembangkan dengan menambahkan variabel eksternal untuk
mengetahui perilaku konsumen dalam menggunakan Aplikasi Instagram sebagai media
transaksi jual beli. Trust, Consumer Satisfaction dan Perceived Usefulness merupakan
variable digunakan sebagai acuan untuk penelitian pada pengguna Aplikasi Instagram
yang diketahui menggunakan aplikasi tersebut untuk kebutuhan berjualan dan transaksi
jual beli pada aplikasi instagram. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner
dan terkumpul sebanyak 152 responden serta menggunakan teknik sample accidental
dan sampel pertimbangan. Setelah itu dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas
menggunakan SPSS. Didapatkan data bahwa variabel Trust (TU) memberikan nilai
positif sebesar 0,879 terhadap Perceived Usefulness (PU) dan pengaruh positif sebesar
0,596 pada Consumer Satisfaction (CS) sedangkan Perceived Usefulness (PU)
memberikan nilai positif sebesar 0,930 kepada Intention to Use (ITU) dan Consumer
Satisfaction (CS) memberikan nilai positif terhadap Intention to Use (ITU). Dapat
disimpulkan bahwa kepercayaan, kepuasan konsumen, kegunaan memberikan
pengaruh positif terhadap penggunaan aplikasi Instagram sebagai media transaksi jual
beli.