Pengembangan Model Penyusunan Strategi Untuk Meningkatkan Daya Saing Program Studi International Business Management Di Surabaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan dan mengetahui faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi perkembangan program studi International Business Management dalam mempertahankan dan meningkatkan kualitas sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasar. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan penyebaran kuisioner kepada Dekan, Kaprogdi, beberapa dosen senior dan mahasiswa program studi international Business Management yang selanjutnya dilakukan in depth interview.
Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisa SWOT Pembobotan faktor-faktor pembentuk strategi dilakukan dengan menggunakan metode Analytical Hierarchical Process (AHP). Pembobotan dilakukan untuk mengetahui pengaruh tiap faktor pembentuk trategi terhadap strategi secara keseluruhan dan partial. Selanjutnya, hasil AHP ini diuji indeks konsistensinya.
Hasil analisis dengan analisa SWOT diketahui ada 6 strategi yaitu: institusi dan lingkungan; dosen; metode pembelajaran; materi; peserta didik dan evaluasi. Setiap strategi dijabarkan dalam komponen item strategi. Dari penjabaran ini diperoleh 25 item. Semua item adalah konsisten.

