Pendekatan Metode Berbasis Projek Sebagai Inovasi Pendidikan Kewirausahaan
Abstract
Konsep inovasi tidak hanya sekedar untuk mendapatkan citra produk ataupun citra perusahaan, tetapi inovasi merupakan suatu proses sekaligus kegiatan yang senantiasa berkelanjutan. Pendidikan kewirausahaan bukanlah sekadar pengetahuan, tapi lebih sebagai ketrampilan dan seni. Untuk itu metode pembelajaran yang efektif adalah menggabungkan antara sisi kognitif, afektif dan psikomotorik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendekatan metode berbasis projek yang dapat diterapkan secara berkelanjutan dalam pendidikan kewirausahaan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif, dilakukan pada mahasiswa semester 5 Universitas Ciputra yang mengarnbil mata kuliah Entrepreneurship dengan tema Ekspor-Impor. Pengumpulan data melalui interview dan observasi. Sebagai sampel diambil 52 mahasiswa dari angkatan 2010. Hasil penelitan menunjukan bahwa membangun kemarnpuan berwirausaha melalui mata kuliah entrepreneurship tidak bisa hanya dipelajari secara kognitif di dalam kelas, tapi harus juga dialami (afektif) dan dilakukan (psykomotorik).