PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL YANG DITERIMA ANAK DARI ORANGTUA, GURU, DAN TEMAN TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI KANAK-KANAK AKHIR
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari dukungan sosial yang diterima anak dari orangtua, guru, dan teman terhadap motivasi berprestasi kanak-kanak akhir. Terdapat 4 hipotesis dalam penelitian ini yang melihat dukungan sosial dari ketiga sumber secara bersama-sama terhadap motivasi berprestasi pada hipotesis mayor dan melihat dukungan sosial dari ketiga sumber secara terpisah pada masing-masing hipotesis minor. Subyek pada penelitian ini adalah 168 anak Sekolah Dasar X di Surabaya yang berada pada kelas 5 dan 6 SD. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Uji regresi yang dilakukan menunjukkan bahwa hipotesis mayor diterima (R2 = 0,069; p<0,05), sedangkan hipotesis minor untuk orangtua dan guru ditolak, dan hipotesis minor untuk teman diterima (R2 = 0,068; p<0,05). Dapat disimpulkan bahwa dukungan sosial dari teman mempengaruhi motivasi berprestasi kanak-kanak akhir lewat penerimaan kelompok pertemanan.