ANALISIS PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DAN ACTIVE LEARNING MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS CIPUTRA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan metode pembelajaran konvensional dan active learning pada mahasiswa Akuntansi Universitas Ciputra angkatan 2018. Penelitian ini menggunakan strategi ceramah pada kelas kontrol dan strategi reading guide dan think group share pada kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian berupa quasi eksperimen dengan model posttest control group design, sehingga hanya melihat nilai akhir dari kedua kelas. Model penelitian ini yaitu dengan membagi responden menjadi dua kelas, 20 mahasiswa pada kelas kontrol dan 20 mahasiswa pada kelas eksperimen. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang dihasilkan dari nilai posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen yang berupa kuesioner dengan 10 soal pilihan ganda. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji beda T-Test sampel bebas untuk dapat melihat perbedaan metode pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional dan active learning. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa adanya perbedaan dalam metode pembelajaran menggunakan metode pembelajaran konvensional berupa ceramah dan active learning berupa reading guide dan think group share dengan nilai rata-rata 82,50 untuk kelas eksperimen dan 62,50 untuk kelas kontrol, sedangkan nilai signifikasi sebesar 0,003 < 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
- 
DEVELOPING AN ACTIVE LEARNING MODEL: CASE STUDY IN HIGHER EDUCATION 
Mastan, Stanislaus Adnanto (Universitas Pelita Harapan, 2016-03-17)The fact that the establishment of the ASEAN Economic Community (AEC) in 2015 is inevitable. Educational institutions especially universities is one of the institutions that hold an important role in preparing qualified ... - 
Teachers’ role in online learning: Perspectives of prospective Indonesian EFL teachers 
Christiani, Natalia; Tungka, Novalita Fransisca; Nainggolan, Romauli (Journal of Education and e-Learning Research, 2023)This study investigated how prospective English as a foreign language teachers perceived the role of their teachers in online learning and how those roles contributed to their experiences in a lowtech online learning ... - 
Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Matakuliah Pola Kerah 
Soelistyowati, Soelistyowati (Maranatha Christian University, 2018-07-27)This study aims to get information about the differences in learning outcomes among students who study use the problem-based learning and direct learning on the basis of competence collar pattern making, getting information ... 
