Integrated Marketing Communication Pada Usaha Industrial Internet of Things - Machine Vision

Date
2020-12-21Author
Teguh, Monika
Niantiara, Aulialukita
Hartansa, Andrea
Metadata
Show full item recordAbstract
Komunikasi pemasaran merupakan kajian yang berkembang seiring dengan berkembangnya jenis-jenis
industri baru seperti Industri 4.0. Keberadaan kajian komunikasi pemasaran untuk jenis industri baru
yang sedang digadang-gadang oleh Pemerintah Indonesia ini, menjadi krusial bagi pengembangan
industri Indonesia kedepan. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk menjabarkan strategi
komunikasi pemasaran terpadu yang diterapkan pada industri 4.0, khususnya bidang Industrial Internet
of Things. Lebih jauh, penelitian ini mengkaji strategi komunikasi pemasaran terpadu (Integrated
Marketing Communication/IMC) untuk mengembangkan awareness, mendorong minat beli, maupun
mendorong terjadinya penjualan pada perusahaan yang menyediakan Industrial Internet of Things,
dengan lokus pada sebuah perusahaan yang bergerak di bidang ini yaitu Machine Vision. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara semi
terstruktur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan strategi IMC yang berkontribusi positif pada jenis
industri 4.0 terdiri atas dua kelompok, yaitu utama dan sekunder. Kelompok utama terdiri dari digital
marketing, direct marketing, dan public relations. Sedangkan kelompok sekunder terdiri dari sales
promotion dan personal selling. Aktivitas komunikasi pemasaran dari kelompok utama memberikan
dampak signifikan baik untuk peningkatan awareness, serta pendorongan minat beli dan penjualan.
Sedangkan aktivitas pada kelompok sekunder berfungsi sebagai pelengkap atau pendukung dari
aktivitas utama.