ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HAMPERS (STUDI EMPIRIS PADA KONSUMEN PRODUK HAMPERS DI SURABAYA)

Date
2020-08-01Author
Immanuel, Dewi Mustikasari
Yuwono, Sherin Brigitta
Metadata
Show full item recordAbstract
Bisnis Kriya di Indonesia saat ini menjadi salah satu sektor Industri Kreatif yang marak digeluti oleh para
pelaku usaha bisnis. Dengan adanya peningkatan dalam Industri Ekonomi Kreatif ini membuka peluang
bisnis di bidang kriya salah staunya adalah Hampers merupakan kerajinan berupa wadah anyaman
keranjang besar yang berguna untuk mengangkut barang atau makanan. Dan semakin banyaknya para
pelaku bisnis Hampers yang menggunakan peluang ini untuk membuka usahanya maka persaingan akan
semakin tinggi. Dan pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor faktor pembentuk keputusan
pembelian Hampers di Surabaya dan menganalisa faktor apa yang paling dominan pembentuk keputusan
pembelian tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli Hampers di
Surabaya. Sampel diambil dari 250 responden dengan teknik non-probability sampling yaitu purposive
sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah confirmatory factor analysis
(CFA) dengan program SmartPLS 3.0 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga, promosi, budaya,
pribadi, kualitas pelayanan, sosial dan lokasi merupakan faktor pembentuk keputusan pembelian. Selain
itu dalam penelitian ini didapatkan faktor pembentuk keputusan pembelian yang terbesar dimulai dari
faktor pribadi, faktor budaya, faktor sosial, promo, lokasi, harga, dan yang terakhir adalah kualitas
pelayanan. Saran dari peneliti adalah untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen dapat
dilakukan dengan cara mencocokkan harga dengan manfaat pembelian produk, meningkatkan keragaman
produk, dan meningkatkan kualitas layanan ini.