Usability Testing Pada Aplikasi Zoom Dengan Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough
Abstract
Pandemi Covid-19 yang terjadi di berbagai belahan dunia mengakibatkan banyak
interaksi sosial dikurangi dan berbagai aktivitas dialihkan menjadi berbasis online. Salah satu
dampak signifikan yang terjadi adalah perkuliahan yang diselenggarakan secara online. Guna
mendukung perkuliahan secara online ini, ada berbagai tools teknologi yang digunakan untuk
membantu proses online tersebut, salah satu diantaranya adalah aplikasi teleconference.
Dalam perubahan metode offline menjadi online, ada banyak adaptasi aktivitas yang harus
dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa atau peserta didik lainnya dalam melakukan kegiatan
perkuliahan dalam perguruan tinggi. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat
bagaimana proses adaptasi teknologi dalam pembelajaran online melihat semakin banyaknya
aktivitas pembelajaran yang berbasis online, untuk kemudian merancangkan desain aplikasi
yang dirasa sesuai dengan keperluan. Penelitian ini dilakukan dengan metode Cognitive
Walkthrough, dengan menggunakan responden sebanyak 5 orang yang menjalani penugasan
sesuai job desk dan perekaman layar, maka didapatlah kesimpulan bahwa penggunaan Zoom
untuk 4 fitur utama sudah dapat dilakukan dengan baik, kesulitan hanya terjadi pada skenario
kedua