Use of illustrations in the Communication Guidebook for Down Syndrome Children
Abstract
Kemampuan berbicara dan berbicara adalah kemampuan awal yang harus dimiliki anak sebagai aset untuk dapat berinteraksi dan berkomunikasi serta anakanak dengan sindrom Down. Kurangnya kesadaran orang tua dan kurangnya buku teks yang sesuai untuk anak-anak sindrom Down sering menjadi hambatan terhadap perkembangan anak-anak sindrom Down. Pembelajaran komunikasi dengan metode yang tepat adalah substansial menuju keberhasilan pola pengajaran untuk anak-anak dengan sindrom Down, termasuk penggunaan ilustrasi dalam buku panduan komunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi deskriptif, sedangkan instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi non-partisipatif, dan studi kepustakaan. Penelitian deskripsi kualitatif ini menjelaskan tentang penggunaan illustrasi pada buku panduan komunikasi anak down syndrome. Peneliti melakukan riset dalam setting yang alamiah dan membiarkan peristiwa yang diteliti mengalir tanpa mengontrol obyek yang diteliti hanya melalui pendekatan interpretif (subjektif). Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi orang tua, guru dan anak-anak dengan sindrom Down dalam pengajaran tentang komunikasi