Dampak Pengajaran Etika Pada Mahasiswa Program Studi Akuntnnsi Melalui Metode Accounting Active Learning
Abstract
Etika adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam profesi akuntansi. Oleh karena itu mahasiswa program studi akuntansi perlu diberikan matakuliah etika. Namun demikian beberapa penelitian menemukan bahwa seringkali pengajaran etika tidak efektif. Hal itu dapat diduga karena metode pengajaran yang didominasi oleh ceramah membuat mahasiswa tidak dapat memahami dengan baik. Disamping itu sampai saat ini penelitian mengenai pendidikan etika masih banyak belum mengeksplorasi lebih dalam untuk menjawab "mengapa" dan"bagaimana" etika mempengaruhi perilaku individu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak etika terhadap mahasiswa akuntansi melalui metode pengajaran akuntansi berbasis experienced based learning (selanjutnya disebut dengan accounting active learning). Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana etika berdampak pada perilaku mereka.
Penelitian ini menggunakan metode action based research dengan mengambil kasus matakuliah Business Ethics. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Snowball sampling digunakan dalam penelitan ini. Responden penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi yang mengikuti matakuliah Business Ethics. Hasil studi menunjukkan mahasiswa merespon positif diterapkannya metode accounting active learning. Penerapan metode AAL dalam matakuliah etika ternyata berdampak pada perilaku mahasiswa. Studi ini mendukung AAL sebagai salah satu metode pengajaran yang memampukan mahasiswa lebih memahami matakuliah yang dipelajarinya.