• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Industri Kreatif
    • Bisnis Desain Fashion
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Industri Kreatif
    • Bisnis Desain Fashion
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PEMBERDAYAAN PENGRAJIN PERAK DI YOGYAKARTA UNTUK PERANCANGAN PERHIASAN MODERN PADA BRAND TJOANNA

    Thumbnail
    View/Open
    Abstrak (243.2Kb)
    Bab I (995.4Kb)
    Bab II (2.959Mb)
    Bab III (177.3Kb)
    Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Lampiran (231.1Kb)
    Daftar Pustaka (289.5Kb)
    Halaman Judul (188.5Kb)
    Jurnal (1.189Mb)
    Kata Pengantar (243.1Kb)
    Lampiran (784.7Kb)
    Surat Pernyataan Hak Simpan Publikasi (353.7Kb)
    Tanda Bebas Pustaka (324.5Kb)
    Tanda Bebas Pustaka REVISI (685.7Kb)
    Date
    2021
    Author
    Putra, Tandean Johanna Ayu Lestari Harry
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Para pengrajin tangan perak di Yogyakarta mengalami kesulitan dan penurunan penghasilan secara signifikan dan dikarenakan adanya pandemi virus corona yang semakin memperparah keadaan sosial ekonomi para pengrajin, lalu juga kurangnya masyarakat dalam mengetahui perhiasan perak dengan teknik filigree dan minimnya perhatian mengenai material perhiasan yang digunakan sehingga seringkali terjadi pada para wanita Indonesia mengalami alergi setelah pemakaian jangka waktu yang lama. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk memberdaya sekaligus mendukung para pengrajin di Yogyakarta dikarenakan pandemi yang sedang berlangsung, serta menyediakan perhiasan yang nyaman, aman dikenakan sehari-hari, berkualitas dengan desain modern untuk para wanita Indonesia. Metode pengumpulan data yang akan dipakai untuk penelitian ialah secara kualitatif yang berasal dari model Design Thinking, dimana mewawancarai 6 experts dan 12 extremes secara online dan offline, sekaligus melakukan observasi brand tipologi beserta kompetitor. Sedangkan data sekunder yang dikumpulkan diperoleh dari studi literatur seperti buku, jurnal, website, dan media sosial. Hasil dari perancangan ialah brand Tjoanna dari segi desain, bentuk, kualitas perhiasan sudah memuaskan dan memenuhi kriteria yang ada yaitu menghasilkan perhiasan yang elegan, cantik, modern, awet dan aman untuk kulit. Bahan yang digunakan tentunya merupakan bahan dengan kualitas terbaik. Dimana proses produksinya menggunakan keahlian para pengrajin lokal Yogyakarta yang merupakan tujuan utama brand Tjoanna untuk mengapresiasi dan memberikan dampak dalam meningkatkan penghasilan ekonomi para pengrajin.
    URI
    http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/4143
    Collections
    • Bisnis Desain Fashion

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire