• Login
    View Item 
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Manajemen Bisnis
    • Akuntansi
    • View Item
    •   DSpace Home
    • Skripsi, Tesis dan Disertasi
    • Fakultas Manajemen Bisnis
    • Akuntansi
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DASAR AKUNTANSI MAHASISWA ANGKATAN 2015 UNIVERSITAS CIPUTRA DALAM MATAKULIAH PENGANTAR AKUNTANSI

    Thumbnail
    View/Open
    Halaman Judul (1.658Mb)
    Kata Pengantar (1.758Mb)
    Daftar Isi (1.741Mb)
    Daftar Pustaka (1.656Mb)
    Abstrak (1.656Mb)
    Bab I (1.939Mb)
    Bab II (1.972Mb)
    Bab III (1.926Mb)
    Bab IV (1.947Mb)
    Bab V (1.659Mb)
    Lampiran (25.42Mb)
    Pernyataan Keaslian (4.791Mb)
    Surat Persetujuan Dosen Pembimbing Skripsi (4.319Mb)
    Surat Persetujuan Tim Penguji Skripsi (4.231Mb)
    Date
    2016
    Author
    Lomban, Nathania Angela
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan dari pemahaman akuntansi dasar antara mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran puzzle dan ceramah pada mahasiswa angkatan 2015 program studi akuntansi Universitas Ciputra. Selain itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran puzzle terhadap pemahaman akuntansi dasar pada angkatan 2015 program studi akuntansi Universitas Ciputra. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran puzzle pada kelas eksperimen dan model pembelajaran ceramah pada kelas kontrol sebagai variabel bebas, dan pemahaman dasar akuntansi sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experiment dengan model pre-test post-test non-equivalent control group. Model penelitian ini membagi responden menjadi dua kelas 15 mahasiswa pada kelas kontrol, dan 17 mahasiswa pada kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan data primer dari hasil eksperimen pada mahasiswa kelas Pengantar Akuntansi angkatan 2015. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS 20. Analisis data pada penelitian menggunakan uji beda dua sampel dependent (Wilcoxon) untuk melihat efektivitas model pembelajaran, dan menggunakan uji beda dua sampel independent (Mann-Whitney) untuk melihat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan pemahaman dasar akuntansi pada mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran puzzle dibandingkan dengan mahasiswa yang diajar dengan ceramah. Model pembelajaran puzzle dianggap efektif untuk meningkatkan pemahaman dasar akuntansi.
    URI
    http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/4780
    Collections
    • Akuntansi

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire
     

     

    Browse

    All of DSpaceCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    Copyright©  2017 - LPPM & Library Of Universitas Ciputra
    »»» UC Town CitraLand, Surabaya - Indonesia 60219 «««
    Powered by : FreeBSD | DSpace | Atmire