Show simple item record

dc.contributor.authorLomban, Nathania Angela
dc.date.accessioned2022-03-31T08:27:25Z
dc.date.available2022-03-31T08:27:25Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/4780
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan dari pemahaman akuntansi dasar antara mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran puzzle dan ceramah pada mahasiswa angkatan 2015 program studi akuntansi Universitas Ciputra. Selain itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran puzzle terhadap pemahaman akuntansi dasar pada angkatan 2015 program studi akuntansi Universitas Ciputra. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran puzzle pada kelas eksperimen dan model pembelajaran ceramah pada kelas kontrol sebagai variabel bebas, dan pemahaman dasar akuntansi sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experiment dengan model pre-test post-test non-equivalent control group. Model penelitian ini membagi responden menjadi dua kelas 15 mahasiswa pada kelas kontrol, dan 17 mahasiswa pada kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan data primer dari hasil eksperimen pada mahasiswa kelas Pengantar Akuntansi angkatan 2015. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS 20. Analisis data pada penelitian menggunakan uji beda dua sampel dependent (Wilcoxon) untuk melihat efektivitas model pembelajaran, dan menggunakan uji beda dua sampel independent (Mann-Whitney) untuk melihat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan pemahaman dasar akuntansi pada mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran puzzle dibandingkan dengan mahasiswa yang diajar dengan ceramah. Model pembelajaran puzzle dianggap efektif untuk meningkatkan pemahaman dasar akuntansi.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Ciputra Surabayaen_US
dc.subjectAccounting Active Learningen_US
dc.subjectPengantar Akutansien_US
dc.subjectPuzzleen_US
dc.subjectQuasi Experimenten_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.subjectPemahaman Akutansien_US
dc.titleEFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DASAR AKUNTANSI MAHASISWA ANGKATAN 2015 UNIVERSITAS CIPUTRA DALAM MATAKULIAH PENGANTAR AKUNTANSIen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nidn0706088602
dc.identifier.kodeprodi62201
dc.identifier.nim10412002
dc.identifier.dosenpembimbingKAZIA LATURETTE


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record