| dc.contributor.author | Lomban, Nathania Angela | |
| dc.date.accessioned | 2022-03-31T08:27:25Z | |
| dc.date.available | 2022-03-31T08:27:25Z | |
| dc.date.issued | 2016 | |
| dc.identifier.uri | http://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/4780 | |
| dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan dari pemahaman akuntansi dasar antara mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran puzzle dan ceramah pada mahasiswa angkatan 2015 program studi akuntansi Universitas Ciputra. Selain itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran puzzle terhadap pemahaman akuntansi dasar pada angkatan 2015 program studi akuntansi Universitas Ciputra. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran puzzle pada kelas eksperimen dan model pembelajaran ceramah pada kelas kontrol sebagai variabel bebas, dan pemahaman dasar akuntansi sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experiment dengan model pre-test post-test non-equivalent control group. Model penelitian ini membagi responden menjadi dua kelas 15 mahasiswa pada kelas kontrol, dan 17 mahasiswa pada kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan data primer dari hasil eksperimen pada mahasiswa kelas Pengantar Akuntansi angkatan 2015. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS 20. Analisis data pada penelitian menggunakan uji beda dua sampel dependent (Wilcoxon) untuk melihat efektivitas model pembelajaran, dan menggunakan uji beda dua sampel independent (Mann-Whitney) untuk melihat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan pemahaman dasar akuntansi pada mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran puzzle dibandingkan dengan mahasiswa yang diajar dengan ceramah. Model pembelajaran puzzle dianggap efektif untuk meningkatkan pemahaman dasar akuntansi. | en_US |
| dc.language.iso | id | en_US |
| dc.publisher | Universitas Ciputra Surabaya | en_US |
| dc.subject | Accounting Active Learning | en_US |
| dc.subject | Pengantar Akutansi | en_US |
| dc.subject | Puzzle | en_US |
| dc.subject | Quasi Experiment | en_US |
| dc.subject | Efektivitas | en_US |
| dc.subject | Pemahaman Akutansi | en_US |
| dc.title | EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DASAR AKUNTANSI MAHASISWA ANGKATAN 2015 UNIVERSITAS CIPUTRA DALAM MATAKULIAH PENGANTAR AKUNTANSI | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| dc.identifier.nidn | 0706088602 | |
| dc.identifier.kodeprodi | 62201 | |
| dc.identifier.nim | 10412002 | |
| dc.identifier.dosenpembimbing | KAZIA LATURETTE | |