ANALISA METODE PENETAPAN HARGA UNTUK KONSUMEN AKHIR PADA BLESSING GARMEN
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui metode penetapan harga untuk konsumen akhir Blessing Garmen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada tiga kompetitor, satu konsumen Blessing Garmen, dan kepada supplier perusahaan. Dokumentasi yang digunakan berupa laporan penjualan Blessing Garmen dan bukti tidak adanya penetapan harga pada Blessing Garmen. Uji Kredibilitas dan reliabilitas pada penelitian ini menggunakan member check. Penelitian ini membahas mengenai penetapan harga yang dilakukan Blessing Garmen adalah dengan cara melihat daya beli konsumen sehingga membuat perusahaan mempunyai penjualan dan marjin yang tidak stabil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan akan menggunakan tabel harga jual yang telah dihitung dengan metode cost plus pricing untuk menghitung biaya, kemudian competitor based pricing untuk menghitung laba yang ditetapkan perusahaan dan maksimalisasi laba untuk range volume penjualan.
