DAMPAK TARGET PROYEK BISNIS TERHADAP PERILAKU MAHASISWA: STUDI FENOMENOLOGI PADA PROGRAM STUDI AKUNTANSI UNIVERSITAS CIPUTRA
Abstract
Perkembangan pendidikan kewirausahaan semakin berkembang di Indonesia,
khususnya di perguruan tinggi. Salah satu metode yang digunakan dalam pendidikan
kewirausahaan adalah Experiential Based Learning, yaitu salah satu metodenya dengan
merintis proyek bisnis nyata oleh mahasiswa. Salah satu tahapan yang penting dalam proyek
bisnis adalah penetapan target. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengungkap lebih dalam
dampak target proyek bisnis terhadap perilaku mahasiswa Program Studi Akuntansi
Universitas Ciputra. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
fenomenologi. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara mendalam dan observasi
tak berstruktur. Hasil dari penelitian ini adalah target berdampak positif terhadap perilaku dan
pola pikir, meskipun banyak hambatan yang dihadapi oleh informan. Target bukanlah alat
utama untuk memotivasi informan, tetapi target merupakan garis batas yang harus dicapai.
Alat utama yang dapat memotivasi para informan adalah proses bimbingan yang maksimal.