PENGARUH PENGUNGKAPAN CO RPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP EARNING S RESPONSE COEFFICIENT
Abstract
PENGARUH PENGUNGKAPAN
CORPORATE SOCIAL
RESPONSIBILITY
TERHADAP
EARNINGS RESPONSE COEFFICIENT
Abstrak:
Dunia bisnis di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat cepat
dan persaingan yang ketat, hal ini mengakibatkan kerusakan lingkungan di
Indonesia yang semakin banyak sehingga mendorong perusahaan untuk
melakukan
Corporate Social Responsibility
(CSR). Pengungkapan CSR menjadi
salah satu bahan pertimbangan investor dalam mengambil keputusan investasi
sehingga mempengaruhi respon pasar terhadap laba. Respon pasar terhadap laba
dapat diukur dengan menggunakan
Earning Response Coefficient
(ERC) yang
digunakan untuk memprediksi nilai saham dan kualitas laba.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengungkapan CSR
terhadap ERC pada perusahaan sektor layanan keuangan yang terdaftar di Bursa
Efek Indonesia (BEI) tahun 2013-2017. Pemilihan sampel dilakukan dengan
metode
purposive sampling
dan terdapat 47 sampel yang memenuhi kriteria.
Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah CSR sebagai variabel
independen, ERC sebagai variabel dependen, dan ukuran perusahaan, struktur
modal, dan profitabilitas (
Return on
A
sset
) sebagai variabel kontrol. Teknik
pengambilan data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari
website
resmi BEI dan perusahaan pada periode 2013-2017 dan data harga saham
dari
www.yahoo.finance.com
. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitat
if
dengan menggunakan metode analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS 23.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel CSR, ukuran perusahaan,
struktur modal, dan profitabilitas secara simultan mempengaruhi ERC. Secara
in
dividual variabel CSR dan struktur modal tidak berpengaruh terhadap ERC,
sedangkan variabel ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh terhadap
ERC. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengungkapan CSR tidak dijadikan
pertimbangan pengambilan keputusan oleh investor.
