THE EFFECT OF BRAND EVALUATIONS TOWARDS INTENTION TO STAY AT 5 STARS HOTEL WITH SOCIAL MEDIA INFLUENCER AS A MODERATING VARIABLE
Abstract
Pandemi Covid-19 telah mendatangkan penghambatan bagi perekonomian Indonesia, khususnya di sektor pariwisata. Riset pemasaran di industri pariwisata dan perhotelan dapat membantu memulihkan sektor pariwisata dan perhotelan dengan memberikan wawasan tentang motivasi orang untuk mengunjungi atau bepergian ke tempat tertentu, menginap di tempat tertentu atau membeli barang tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa yang memotivasi orang untuk mau menginap di hotel bintang 5 di Bali dan apakah Social Media Influencers (SMI) memiliki pengaruh yang moderat terhadap niat menginap di hotel bintang 5 di Bali. Penelitian ini menggunakan non-probability sampling. metode dengan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampelnya. jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100. Penelitian ini menggunakan analisis jalur dari aplikasi SEM-PLS. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sikap terhadap merek dan citra merek tidak berpengaruh signifikan terhadap niat menginap di hotel bintang 5. Sedangkan kepercayaan merek berpengaruh signifikan terhadap niat menginap di hotel bintang 5. Adapun efek moderasi SMI, penelitian ini menemukan bahwa SMI tidak memiliki efek moderasi dalam hubungan antara evaluasi merek (kepercayaan merek, citra merek dan sikap terhadap merek) dan niat untuk menginap di hotel. Meskipun penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara SMI sebagai variabel bebas terhadap niat menginap di hotel