HUBUNGAN DUKUNGAN EMOSIONAL ORANG TUA TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS CIPUTRA
Abstract
Dukungan emosional merupakan salah satu dukungan sosial yang diberikan oleh orang tua terhadap
anak dalam berbagai hal, salah satunya pendidikan. Dukungan emosional pada mahasiswa kedokteran
diperlukan dalam menjalani pembelajaran di perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan
dukungan emosional orang tua terhadap prestasi akademik mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Ciputra.
Metode yang digunakan yaitu analitik observasional dengan rancangan penelitian cross sectional. Pengambilan
sampel dilakukan dengan teknik sensus atau sampling total pada 42 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas
Ciputra angkatan 2018. Hasil penelitian didapatkan sebanyak 29 responden (69%) mendapatkan dukungan
emosional orang tua yang tinggi dan sebanyak 18 responden (42,9%) memiliki prestasi akademik yang baik.
Berdasarkan uji Spearman rank didapatkan koefisien korelasi 0,117 dan nilai signifikansi 0,461. Berdasarkan
penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara
hubungan dukungan emosional orang tua terhadap prestasi akademik mahasiswa Fakultas Kedokteran
Universitas Ciputra.