PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, DAN KEPERCAYAAN SEBAGAI MODERASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN DI UD. SUMBER TANI
Date
2022Author
Dhiyaurohman, Alfandi Wafin
Henryanto, Aria Ganna
I Kenang, rantha Hendrika
Metadata
Show full item recordAbstract
Perkembangan sektor usaha pertanian saat ini mengalami peningkatan yang
terbilang positif. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) memberikan informasi
bahwa pertanian menjadi penyumbang tertinggi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.
Melihat adanya peluang yang baik bagi pelaku usaha pertanian seperti UD. Sumber Tani.
Objek yang digunakan pada penelitian ini adalah UD. Sumber Tani yang berdiri sejak tahun
2003 di Ponorogo, Jawa Timur. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh
kualitas produk, kualitas pelayanan, dan kepercayaan sebagai moderasi terhadap kepuasan
pelanggan dan loyalitas pelanggan di UD. Sumber Tani. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan UD. Sumber Tani.
Sampel yang digunakan pada penelitian sebanyak 60 responden. Pengumpulan data
menggunakan metode kuesioner yang diisi menggunakan Skala Likert dengan metode analisis
Partial Least Square (PLS) dan alat bantu SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukan
bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kualitas
pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kepercayaan tidak
memoderasi hubungan antara kepuasan dan loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan di UD. Sumber Tani.

