Show simple item record

dc.contributor.authorDinata, Herlina
dc.contributor.authorHaryono, Cosmas Gatot
dc.date.accessioned2024-01-11T01:06:23Z
dc.date.available2024-01-11T01:06:23Z
dc.date.issued2022
dc.identifier.issn1978-7413
dc.identifier.urihttps://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/6960
dc.description.abstractDitengah semakin tingginya kematian diakibatkan oleh merokok, para pelaku industry rokok tetap saja gencar melakukan penetrasi pasar melalui iklan. Insustri rokok di Indonesia masih menempatkan iklan sebagai salah satu ujung tombak pemasaran mereka. Melalui berbagai platform media, industry rokok menyampaikan berbagai produk mereka kepada masyarakat Berbagai konten menarik, melalui berbagai jenis kisah yang direkayasa nan menarik, industry rokok terus melakukan persuasi terhadap masyarakat untuk merokok. Salah satu iklan rokok yang menarik adalah iklan Djarum 76 episode “pengen kurus yang menggambarkan bagaimana perempuan bertindak diluar nalar umum. Dalam artikel ini, penulis membongkar rekayasa teks yang ada di dalam iklan tersebut. Penulis ingin mengetahui makna yang lebih orisinal dari iklan tersebut. Perspektif yang digunakan dalam menganalisis iklan tersebut adalah perspektif kritis . Sedangkan metode yang dipilih adalah analisis dekonstruksi yang perkenalkan oleh Jaques Derrida. Melalui analisis ini, dapat ditemukan bahwa perempuan digambarkan sebagai pihak yang selalu mengambil keputusan di luar logika umum yang berlaku di tengah masyarakat. Mereka selalu menggunakan pertimbangan-pertimbangan tak masuk akal dalam memutuskan sesuatu. Maka menempatkan perempuan dalam posisi tertentu yang penting dalam kehidupan sehari-hari, sangat berbahaya. Selain itu, iklan ini juga merupakan bagian dari rekayasa tekstual yang dibangun melalui penekanan ideology dominasi “semu” kaun laki-laki terhadap perempuan. Perempuan ditempatkan sebagai pihak yang “tidak sepadan” dengan laki-laki.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS BUNDA MULIAen_US
dc.subjectDekonstruksien_US
dc.subjectIklanen_US
dc.subjectIndustri Rokoken_US
dc.subjectPerempuanen_US
dc.subjectDominasi Semuen_US
dc.titleMEMBONGKAR REKAYASA TEKSTUAL DALAM IKLAN DJARUM 76 “PENGEN KURUS” MELALUI ANALISIS DEKONSTRUKSIen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record