| dc.description.abstract | Membaca merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh anak cerebral
palsy. Namun, hambatan intelektual dan gangguan motorik yang mereka alamai
menjadikan proses belajar membaca tidak mudah untuk dilakukan. Karena itu, perlu
menggunakan metode pengajaran yang tepat agar dapat meningkatkan kemampuan
membaca permulaan anak cerebral palsy. Metode sensori diharapkan dapat
meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak cerebral palsy. Penelitian ini
menggunakan metode eksperimen dengan desain single case experimental pada satu
orang anak perempuan kelas 3 SD yang mengalami cerebral palsy. Data dalam
penelitian ini dianalisis secara deskripstif sederhana. Intervensi dilakukan sebanyak 7
sesi dengan durasi masing-masing sesi adalah 45 menit. Hasil penelitian menunjukkan
subjek mengalami peningkatan dalam kemampuan membaca permulaan, yaitu:
mengenal dan membunyikan huruf alphabet, membaca kata terbuka dengan awalan
dan akhiran suku kata yang mengandung huruf w, g, h, y, f, v, z, t, n, m, r, s, dan diftong
diakhir kata. Peningkatan ini dapat diukur melalui peningkatan nilai subjek pada
kemampuan membaca permulaan selama sesi intervensi. Berdasarkan penelitian yang
dilakukan dapat disimpulkan bahwa metode silabel efektif untuk meningkatkan
kemampuan membaca permulaan anak cerebral palsy | en_US |